Beranda Bito Sadei BUMDes Makmur Jaya Terkendala Perizinan

BUMDes Makmur Jaya Terkendala Perizinan

286
Kades Gandung Baru Kecamatan Lebong Utara ketika menunjukan usaha BUMDes Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang terkendala izin tata ruang dari Dinas PUPR-Hub.

LEBONG UTARA – Pemerintah Desa (Pemdes) Gandung Baru Kecamatan Lebong Utara pada tahun 2018 telah membentuk dan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan diberikan nama BUMDes Makmur Jaya. Yang mana usaha BUMDes yang bergerak dalam bidang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) itu sudah siap beroprasi sejak tahun 2020 lalu, akan tetapi terkendala perizinan tata ruang dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-Hub) Kabupaten Lebong.

Kades Kardimin mengatakan bahwa BUMDes Makmur Jaya usaha milik desa sudah siap beroprasi ditahun 2020 lalu, namun terkendala akan izin usaha tata ruang dari OPD PUPRP-Hub. Apabila izin tata ruang bisa dikeluarkan dari OPD yang bersangkutan , maka selanjutnya baru bisa mengurus izin ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, BPOM, serta izin dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Lebong.

“Sampai sekarang BUMDes Makmur Jaya inji belum bisa bergerak karena terkendala izin tata ruang, jika izin tata ruang ini bisa dikeluarkan oleh OPD terkait, maka selanjutnya baru bisa mengurus izin lainnya,” kata Kardimin.

Lebih jauh, dijelaskannya, terkait lokasi atau tempat produksi BUMDes AMDK sudah sangat siap dan tinggal beroperasi saja. Sedangkan untuk permohonan izin tata ruang sudah pernah diajukan ke OPD terkait namun sampai dengan sekarang belum ada kejelasan. Hanya saja, apa yang menjadi persoalan belum dikeluarkan izin tersebut tidak diketahui.

Untuk itu, kami berharap adanya perhatian serius dari pemerintah daerah terutama ke OPD Dinas terkaitb supaya dapat mengeluarkan izin tersebut, supaya BUMDes Makmur Jaya bisa berjalan agar dapat membuka lapangan pekerjaan untuk warga yang sekaligus menambah pendapatan asli desa. Apalagi tujuan dibentuknya BUMDes ini sudah selaras dengan program Bupati dan Wakil Bupati Lebong baru dalam rangka membuka lapangan pekerjaan.

“Yang jelas, kami berharap OPD terkait dapat mengeluarkan izin yang dimaksud. Sehingga BUMDes Makmur Jaya bisa berjalan dan bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk warga khusnya warga desa Gandung Baru,” harapnya. (bye)