Beranda Nasional Bupati: DL Pejabat Hanya Habiskan Anggaran

Bupati: DL Pejabat Hanya Habiskan Anggaran

150
Bupati, Kopli Ansori, tampak geram lantaran kegiatan Dinas Luar (DL) pejabat Pemkab Lebong tanpa hasil.

LEBONG – Ada yang menarik dari rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin langsung Bupati, Kopli Ansori, dan Wakil Bupati, Drs. Fahrurrozi, M.Pd bersama Kepala OPD Pemkab Lebong di ruang Bina Praja kemarin (28/5). Bagaimana tidak, pada kesempatan itu Bupati menyampaikan jika kegiatan dinas luar (DL) pejabat Pemkab Lebong tanpa hasil dan tujuan yang jelas.
“Jangan hanya menghabiskan anggaran saja, melakukan DL tanpa tujuan yang jelas. Ujung-ujungnya hanya menghabiskan anggaran hingga ratusan juta untuk DL,” singgung Bupati yang diketahui baru melaksanakan kunjungan ke 3 Kementerian menggali potensi bantuan dana untuk Kabupaten Lebong.
Selain itu, lanjut Bupati, kedepan perjalanan dinas pejabat Pemkab Lebong harus jelas dengan target yang terukur. Menurutnya, tidak perlu melakukan perjalanan dinas jika anggaran yang dikeluarkan untuk biaya perjalanan dinas jauh lebih besar ketimbang bantuan yang didapatkan.
“Misal, anggaran perjalanan dinas habis Rp 300 juta hanya untuk mendapatkan bantuan 500 juta, saya tidak ingin lagi melihat yang seperti ini,” tegasnya.
Disamping itu, ia meminta seluruh kegiatan perjalanan dinas pada OPD dijajaran Pemkab Lebong wajib dilaporkan kepadanya sehingga diketahui tujuan dan target dari kegiatan tersebut.
“Kalau dinas luar ini hasilnya jelas untuk pembangunan di Lebong, tidak masalah. Tidak apa-apa dinas luar ini menghabiskan dana hingga Rp 1 miliar asalkan hasil dari dinas luar ini bisa membawa bantuan dana bagi Lebong sebesar Rp 100 miliar,” ujarnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Wabup, Drs. Fahrurrozi, menurutnya perjalanan dinas ke luar daerah yang dilakukan hendaknya memberikan manfaat yang jelas untuk pembangunan bagi masyarakat di Kabupaten Lebong. Dirinya menilai, jika selama ini kegiatan perjalanan dinas yang dilaksanakan tanpa tujuan.
“Saya minta kedepannya lebih selektif dalam melakukan perjalanan dinas, jangan melakukan kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi daerah dan masyarakat,” pungkas Wabup. (dap)