Beranda Bengkulu Utara Bupati Ikuti Peringatan Hari Otda ke-XXV Secara Virtual

Bupati Ikuti Peringatan Hari Otda ke-XXV Secara Virtual

124
Rapat peringatan Otonomi Daerah langsung bersama Wapres RI

BENGKULU UTARA – Bengkulu Utara Ir .Mian, perwakilan Kodim 0423 BU, perwakilan Polres BU, perwakilan DPRD BU, dan Asisten Setdakab BU, mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXV dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk mewujudkan Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju” yang digelar secara virtual dan dibuka secara langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin.
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang yang membutuhkan kepemimpinan yang adaptif.
“Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, dimana saat ini fokus pemerintah pada pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.
Bahwa memindahkan lokus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” demikian Ma’ruf.
Sementara itu, Mi’an yang mengikuti rapat secara virtual mengungkapkan, pihaknya akan berupaya penuh menjalankan amanah sebagai kepala daerah guna menjalankan roda pemerintahan secara otonomi daerah. Dalam hal ini, ia juga mengaku tidak akan dapat bekerja sendiri, tanpa didukung oleh semua pihak, untuk itu ia pun berharap dalam pembangunan di BU dapat mensejahterakan masyarakat BU.
“Kami tidak akan bisa bekerja sendiri, maka itu dukungan semua pihak kami harapkan. Dengan peringatan ini, kami akan menjalankan amanah sepenuhnya dari pemerintah pusat,” demikian Mi’an. (aer)