Beranda Nasional Bupati Musnahkan 30.240 Ekor Tikus

Bupati Musnahkan 30.240 Ekor Tikus

145
Pemusnahan hama tikus beberapa waktu lalu

LEBONG – Bupati Lebong, Kopli Ansori, kemarin (20/8) kembali melakukan pemusnahan 30.420 hama tikus di Desa Nangai Tayau I Kecamatan Amen dalam upaya mensukseskan program peningkatan produksi pertanian masyarakat pada musim tanam II (MT-II) tahun 2021 yang saat ini terus digencarkan Pemkab Lebong. Tercatat, hingga saat ini sudah sebanyak 157.836 hama tikus yang sudah berhasil dimusnahkan.
30.420 ekor tikus yang dimusnahkan ini kemarin tidak hanya berasal dari dalam wilayah Kecamatan Amen saja, namun beberapa diantaranya berasal dari Kecamatan Amen sebanyak 3.952 ekor tikus, Kecamatan Lebong Sakti sebanyak 5.565 ekor tikus, Kecamatan Uram Jaya sebanyak 20.723 ekor tikus.
Pada kesempatan itu, Bupati, Kopli Ansori, mengapresiasi dukungan yang diberikan masyarakat pada program pembasmian hama tikus dalam rangka peningkatan produksi pertanian dalam Kabupaten Lebong. Dirinya pun mengaku optimis, tingginya partisipasi masyarakat pada program ini dapat produksi padi dalam Kabupaten Lebong.
“Tingkat partisipasi masyarakat dalam mensukseskan kegiatan sangat tinggi, karena itu kita akan lihat nanti jika memang anggarannya kurang, mungkin akan kita ajukan penambahan pada RAPBD Perubahan,” katanya.
Menurut Bupati, ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi penting untuk membangun ketangguhan dan kemandirian pangan bagi masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan produksi hasil pertanian masyarakat.
“Meski pandemi masih terjadi, namun jika produksi pertanian kita meningkat tentunya daerah kita akan menjadi tangguh dalam menghadapi kondisi seperti ini, karena tingkat ekonomi masyarakat pun akan ikut meningkat,” terangnya.
Bupati juga memastikan, pada tahun anggaran 2022 mendatang program insentif ekor tikus ini bakal kembali menjadi salah satu kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Lebong dalam rangka mensukseskan musim tanam tahun 2022.
“Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut andil bersama-sama mensukseskan program ini. Jika program ini berhasil, tentunya masyarakat sendirilah yang akan merasakan manfaatnya dan menjadikan Lebong Bahagia dan Sejahtera,” ajak Bupati. (bye)