Beranda Nasional Bupati Pastikan Normalisasi Sungai Air Piantan

Bupati Pastikan Normalisasi Sungai Air Piantan

230
Bupati Kopli Ansori tengah berdiskusi dengan OPD dipinggir Sungai Air Piantan di Kecamatan Bingin Kuning

LEBONG – Bupati, Kopli Ansori, bersama Wabup, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, serta OPD terkait turun langsung meninjau kondisi Sungai Air Piantan di Kecamatan Bingin Kuning yang kerap dan berdampak pada lahan sawah warga setempat. Pada kesempatan itu, Bupati memastikan Pemkab Lebong bakal melakukan normalisasi terhadap sungai ini. Namun, kegiatan ini baru akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.
Bupati, Kopli Ansori, mengungkapkan untuk melakukan pembangunan pelapis sungai dan normalisasi Sungai Air Piantan ini membutuhkan anggaran sedikitnya Rp 3 miliar. Karena itu, tahap pertama Pemkab Lebong baru akan melakukan normalisasi yang diperkirakan memakan dana lebih kurang Rp 1,5 miliar. Tidak hanya normalisasi saja, namun juga akan dilakukan perbaikan terhadap beberapa saluran irigasi yang saat ini telah rusak.
“Jumlah lahan sawah yang memanfaatkan air ini mencapai seluas 150 hektar dari mulai Desa Pelabuhan Talang Leak hingga Talang Leak II. Langkah awal kita akan perbaiki irigasinya dulu yang nanti akan dikoordinasikan dengan Pemdes setempat,” kata Bupati.
Meski demikian, Bupati memastikan normalisasi Sungai Air Piantan ini berkemungkinan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Normalisasi ini penting dilakukan, untuk mengantisipasi dampak luapan air sungai pada lahan sawah milik warga.
“Setelah kita cek tadi, total sepanjang 1,5 Km aliran sungai yang perlu dilakukan normalisasi. Untuk melakukan kegiatan ini membutuhkan anggaran lebih kurang Rp 3 miliar,” lanjutnya.
Ditambahkannya, sebelum dilaksanakan normalisasi maupun pembangunan pada wilayah tersebut lebih dulu akan dilakukan pengkajian lebih dulu dari OPD teknis. Sehingga, diketahui kebutuhan pembangunan prioritas untuk mengantisipasi dampak luapan Sungai Air Piantan yang kerap masuk ke lahan sawah milik warga. (arp)