Beranda Nasional Bupati Temukan Kendis Mati Pajak dan Nihil STNK

Bupati Temukan Kendis Mati Pajak dan Nihil STNK

208
Bupati, Kopli Ansori, saat mengecek langsung kondisi mobnas yang telah dikandangkan.

LEBONG – Bupati Lebong, Kopli Ansori, kemarin (26/4) turun langsung mengecek kondisi kendaraan dinas (kendis) operasional milik Pemkab Lebong yang sebelumnya diminta untuk dikandangkan di Kantor Bupati Lebong. Dalam pengecekan ini, Bupati menemukan adanya kendis operasional Pemkab Lebong yang sudah mati pajak bahkan didapati kendis operasional yang tidak dilengkapi surat kendaraan.
Bupati, Kopli Ansori, selain instruksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI penertiban ini juga dilakukan untuk memastikan kondisi kendis operasional milik Pemkab Lebong termasuk juga mengecek kelayakan kendaraan operasional dan penanggung jawab kendis tersebut.
“Jika kita lihat dari kondisi fisiknya, rata-rata kendis operasional ini fisiknya masih bagus. Tetapi, ada beberapa kendis yang ditemukan mati pajak dan juga tidak lengkap surat menyuratnya. Kalau jumlah pastinya berapa yang tidak lengkap surat menyuratnya saya kurang tahu,” katanya.
Terkait dengan temuan ini, Bupati menegaskan jika kendis operasional yang mati pajak dan tidak lengkap surat menyurat kendaraan ini, untuk sementara waktu masih akan dikandangkan di Kantor Bupati Lebong sampai OPD penanggung jawab menuntaskan permasalahan tadi.
“Jadi yang mati pajak maupun tidak lengkap surat menyuratnya, untuk sementara ini masih kita kandangkan dulu, kecuali OPD terkait bisa menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya, yang mati pajak melunasi pembayaran pajaknya, kemudian yang tidak lengkap surat menyuratnya dibuatkan surat keterangan kehilangan dari pihak berwajib. Tetapi bila tidak ada kejelasan akan kita lelang,” tegasnya.
Ditambahkannya, terhadap kendis operasional yang masih dalam kondisi bagus dan layak digunakan akan dikembalikan ke OPD masing-masing. Bupati mengimbau kepada seluruh ASN yang mendapatkan fasilitas kendis agar dirawat dengan baik.
“Saya minta fasilitas yang diberikan ini dirawat dan dijaga dengan baik serta difungsikan sebagaimana peruntukannya jangan sampai disalahgunakan,” demikian Bupati. (dap)