Beranda Nasional Bupati, Wabup dan DPRD Bakal Terima THR

Bupati, Wabup dan DPRD Bakal Terima THR

193

LEBONG – Jika pada tahun sebelumnya, Bupati, Wakil Bupati dan Anggota DPRD tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai dengan instruksi pemerintah pusat karena Pandemi Covid-19, namun dipastikan lebaran 1442 H tahun ini, tunjangan tersebut bakal direalisasikan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 63 tahun 2021 tentang pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Pensiunan, Penerima Pensiunan, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.
Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, melalui Kabid Perbendaharaan, Rapinala, SE, mengungkapkan pemberian THR bagi Bupati, Wabup dan DPRD ini juga dilakukan sesuai dengan Perbup Nomor 18 tahun 2021 tertanggal 30 April 2021.
“Memang tahun sebelumnya sesuai instruksi pemerintah pusat, THR bagi pejabat eselon II, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta DPRD ini tidak direalisasikan sebagai bentuk kepedulian terhadap Covid-19. Namun tahun ini, akan direalisasikan kembali pemberian THR ini juga dilaksanakan secara bijaksana dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi ditengah Covid-19,” ungkapnya.
Adapun komponen yang dibayarkan untuk ASN diantaranya gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Sedangkan untuk Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan Anggota DPRD yakni paling banyak sebesar akumulasi dari uang representasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan anggota DPRD setempat.
“Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 10,8 Miliar. Anggaran ini untuk membayar THR 2.485 ASN, bupati, wakil bupati dan 25 anggota DPRD,” Pungkasnya.
Sedangkan untuk pencairannya sesuai juknis akan dilaksanakan sepuluh hari sebelum Idul Fitri 1442 mendatang. “Kita estimasikan pada 3 Mei nanti sudah bisa diproses. Sisanya menunggu pengajuan,” tutupnya. (dap)