Beranda Nasional Camat Tolak Hasil Pemilihan BPD Desa Nangai Tanyau

Camat Tolak Hasil Pemilihan BPD Desa Nangai Tanyau

844
camat Amen A.Ropik, S.Sos

LEBONG – Diduga tidak sesuai dengan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), hasil pemilihan BPD Nangai Tayau Kecamatan Amen ditolak Camat. Penolakan hasil pemilihan ini karena dianggap tidak terbuka dan transparan dalam proses pelaksanaannya.
“Memang hasilnya sudah disampaikan kepada kita, namun hasil tersebut tidak bisa kita terima. Karena pelaksanaan pemilihan BPD yang dilakukan di desa ini diduga tidak terbuka dan tidak sesuai dengan Permendagri Nomor 110 tahun 2016,” ungkap Camat Amen, A. Ropik, S.Sos.
Selain itu, lanjutnya, terkait dengan hal ini pihaknya bakal segera menyurati Pemdes Nangai Tayau agar melakukan pemilihan ulang hasil pemilihan BPD tersebut. Dikatakannya, proses pemilihan BPD ini harus mengacu pada aturan berlaku serta dilaksanakan dengan terbuka.
“Tahapannya harus jelas dan perwakilannya harus ada, jika tidak jelas saya tidak akan menerima laporan hasil pemilihan yang dilakukan,” singkatnya.
Sementara itu, dalam Permendagri nomor 110 tahun 2016 disebutkan anggota BPD merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan. Wilayah merupakan wilayah dalam desa seperti wilayah dusun, RW atau RT. Pengisian anggota BPD dilakukan melalui keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan. (bye)