Beranda Bito Sadei Cegah Klaster Baru, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes

Cegah Klaster Baru, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes

170
camat Amen A.Ropik, S.Sos

AMEN – Menyikapi adanya 7 warga di Kecamatan Amen dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, berkaitan dengan hal itu. Camat A. Ropik, S.Sos meminta serta menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam wilayahnya, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya kalster baru penyebaran wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19).

“Berdasarkan data yang kita terima dari pihak kesehatan dan Tim Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Lebong, terdapat 7 warga yang tersebar di Kecamatan Amen telah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus corona. Untuk itu, diminta kepada seluruh masyarakat agar tetap mengikuti imbauan pemerintah dengan selalu mematuhi prokes,” kata Camat.

Lebih lanjut, Ropik menunturkan, dalam menerapkan protokol kesehatan masyarakat tidak hanya iharapkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun saja. Akan tetapi juga diharapkan masyarakat juga dapat menjaga kebersihan lingkungan supaya terciptanya hidup bersih dan sehat.

“Mengingat sudah terdapat 7 warga di Kecamatan Amen yang terpapar positif Covid-19, kami berharap masyarakat bisa lebih disiplin dalam menerapkan prokes. Sebab dengan tetap disiplin dalam penerapan prokes adalah upaya yang paling efektif untuk mencegah pemyebaran dan memutus mata rantai Covid-19,” imbuhnya.

Tidak hanya masyarakat, lanjutnya, pihaknyya juga berharap agar seluruh pemerintah desa dan keluurahan yangg ada dalam wilayah Kecamatan Amen, untuk secara bersama-sama dengan selalu mensosilisasi prokes kepada warga di wilayah masing-masing. Di samping itu juga, diharapkan agar masyarakat ataupun warga untuk saling memberikan suport terhadap warga yang terpapar Covid-19, dan jangan pernah saling mengucilkan terhadap warga yang dinyatakan positif corona.

“Saya berharap, masyarakat ataupun warga bisa memberikan suport dan dukungan bagi mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri. Perlu diketahui wabah virus ini bukanlah aib tetapi hanya musibah yang tengah melanda hampir semua dunia,” tuturnya.

Dipastikannya, untuk terus memantau perkembangan kasus warga yang terpapar positif Covid-19, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan tim kesehatan dari Puskesmas Sukau Rajo maupun Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong. Dan diharapkan kepada pihak keshatan untuk terus memantau kondisi pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Pada intinya, kami dari pihak pemerintah Kecamatan sangat mengharapkan kerjasama dari semua pihak-pihak terkiat, dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (bye)