Beranda Bito Sadei Cegah Longsor Pemdes Banguan TPT

Cegah Longsor Pemdes Banguan TPT

158
Tampak pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dibiayai Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

LEBONG UTARA – Guna untuk mengantisipasi terjadinya benacana tanah longsor, Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggang Kecamatan Lebong Utara melalui Dana Desa (DD) tahap pertama dan tahap kedua merealisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa setempat.

Kepala Desa Tunggang Lotriana mengatakan, melalui kuncuran DD tahap pertama dan kedua tahun anggaran 2020. Selain di alokasikan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19, juga di alokasikan untuk kegiatan fisik berupa pembangunan TPT yang bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor.

“Untuk DD tahap pertama dan kedua yang kita terima selain di prioritaskan untuk penyaluran BLT DD, kita juga merealisasikan pembangunan TPT,” kata Lotriana dikonfirmasi Radar Lebong.

Sementara itu, kata Lotriana, untuk pembangunan TPT yang di realisasikan bertempat di Dusun III dengan panjang kurang lebih 111 meter tinggi 2 meter dengan total anggaran sebesar Rp 200 juta. Lanjutnya, pembangunan TPT itu juga bertujuan untuk meningkat sarana lapangan sepak bola. Sehingga dengan adanya TPT ini juga akan mencegah longsor pada lapangan sepak bola, dengan demikian, lapangan juga tidak mudah cepat rusak.

“Kita berharap warga yang terlibat dalam melaksanakan pembangunan TPT ini dapat bekerja dengan profesional, supaya pekerjaannya dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Dengan demikian, pemdes bisa kembali melakukan penyusunan berkas untuk pengajuan DD tahap ketiga,” tandasnya. (rak)