Beranda Nasional Corona Batalkan Penerimaan CPNS dan PPPK

Corona Batalkan Penerimaan CPNS dan PPPK

395
CPNS tahun 2019 yang dinyatakan lulus seleksi menyampaikan berkas BKPSDM Lebong

LEBONG – Sirna sudah harapan dan keinginan masyarakat di Kabupaten Lebong untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 ini. Pasalnya, Pemkab Lebong resmi membatalkan rencana tersebut lantaran anggaran pelaksanaan seleksi ini dipangkas karena pandemi Covid-19.
Asisten III Setda Lebong, Hj. Sumiati, SP, MM, kepada Radar Lebong diruang kerjanya kemarin (24/6) memastikan jika rencana penerimaan CPNS dan PPPK di Kabupaten Lebong tahun 2021 ini resmi dibatalkan. Hal ini disebabkan, minimnya anggaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
“Pembatalan ini juga sudah disampaikan dan disetujui oleh Bupati Lebong. Dibatalkannya seleksi penerimaan CPNS ini karena tidak tersedianya anggaran sebesar Rp 900 juta untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, seperti pernyataan Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai BKPSDM Lebong sebelumnya,” kata Sumiati.
Pembatalan ini juga telah disampaikan ke BKPSDM Lebong sebagai OPD teknis, untuk segera menyampaikan surat resmi ke pemerintah pusat mengenai pengembalian 381 formasi penerimaan CPNS dan PPPK di Kabupaten Lebong ke Kemenpan RB.
“Tapi kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di Lebong saja, di beberapa daerah lain juga terjadi hal serupa karena anggaran yang tidak tersedia,” terangnya.
Sumiati menjelaskan, tidak adanya anggaran pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS dan PPPK ini disebabkan karena Pemkab Lebong selama 2 tahun belakangan ini melakukan refocussing anggaran untuk penanganan dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Meaki sudah diupayakan akan dianggarkan pada RAPBD-Perubahan 2021, namun setelah dilakukan penghitungan akan banyak dampak yang dialami Pemkab Lebong, jika hal ini tetap dilaksanakan salah satunya adalah tunda bayar.
“Jika tetap di paksakan seleksi CPNS dan PPPK dimasukan ke RAPBD-P, ada banyak dampak yang akan dialami oleh Pemkab Lebong. Salah satu tunda bayar pada beberapa item kegiatan lainnya, untuk menghindari resiko tersebut Pemkab Lebong telah memutuskan tahun ini tidak melaksanakan seleksi CPNS dan PPPK,” pungkasnya. (wlk)