Beranda Nasional Covid-19 Kembali Bertambah 15 Kasus Baru

Covid-19 Kembali Bertambah 15 Kasus Baru

250
Petugas medis saat mengambil sampel test swab terhadap salah satu warga dalam Kabupaten Lebong beberapa waktu lalu.

//Klaster Karyawan PT. MHE dan Masyarakat

LEBONG – Setelah sebelumnya nihil penambahan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), belakangan ini didapati adanya penambahan sebanyak 15 kasus baru positif Covid-19 dari klaster karyawan PT. Mega Hidro Energy (MHE) dan masyarakat dalam Kabupaten Lebong. Meski demikian, pasien yang telah dinyatakan positif ini telah diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, dikonfirmasi kemarin (23/5) membenarkan jika saat ini terjadi penambahan kasus baru positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong sebanyak 15 kasus. Penambahan kasus ini berasal dari klaster karyawan PT. MHE dan juga masyarakat umum dalam Kabupaten Lebong.
“Dari 40 sampel test swab yang diambil dari karyawan PT. MHE dan masyarakat umum, setelah diperiksa di laboratorium, 15 sampel dinyatakan positif Covid-19 dan sisanya 25 sampel dinyatakan negatif,” katanya.
Disebutkannya, total kasus positif Covid-19 yang terjadi dalam Kabupaten Lebong saat ini mencapai sebanyak 148 kasus diantaranya 133 kasus dinyatakan sembuh, 2 kasus meninggal dunia serta 15 kasus menjalani isolasi mandiri.
“Dengan adanya penambahan kasus baru ini, maka Lebong kembali ditetapkan sebagai zona orange atau risiko sedang penyebaran Covid-19. Kembali kami mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi prokes Covid-19 untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Lebong,” terangnya.
Terpisah, Kepala Puskesmas Muara Aman, Febria Mandeka, SKM, menerangkan dari hasil swab laboratorium didapati 5 orang warga dalam wilayah kerja Puskesmas Muara Aman dari kalangan masyarakat umum yang dinyatakan positif Covid-19.
“Awalnya kita mendapat informasi dari salah satu klinik kesehatan yang ada di Lebong ada warga yang melakukan swab antigen mandiri dan hasilnya dinyatakan reaktif. Warga ini mengeluhkan kondisi kesehatannya yang tidak seperti biasa. Setelah itu, kita langsung mendatangi warga ini dan melakukan tes swab. Warga yang dinyatakan positif ini telah kita minta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing,” singkatnya. (wlk/bye)