Beranda Nasional Dana Banpol Sudah Disalurkan ke 10 Parpol

Dana Banpol Sudah Disalurkan ke 10 Parpol

171
Warga Meninggal Bakal Didata
Kepala Kesbangpol Kabupaten Lebong, M. Ikram.

LEBONG – Dana bantuan partai politik (parpol) tahaun 2021 sudah disalurkan ke 10 Partai Politik (Parpol) dalam Kabupaten Lebong beberapa waktu lalu . Hanya saja. untuk mekanisme pencairan dana tersebut saat ini tetap mengacu ke Laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK 2020 silam.

Diungkapkan Kepala Satuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lebong Ikram, S.Sos, bahwa ketika usai melakukan pemeriksaan pertanggung jawaban 2020 ke BPK sebelumnya, maka pertanggung jawaban tersebut sudah clear dan dana tersebut bisa dicairkan terhadap Parpol.

” Jadi proses pencairan diusulkan oleh parpol dan kita melihat kelengkapan serta kita ajukan ke BKD. Sehingga saat ini dana tersebut sudah ditransfer ke masing-masing parpol, karena kita kesbangpol hanya memfasilitasi kelengkapan administrasinya saja,” terangnya.

Tambah ikram, untuk dana yang diterima masing-masing parpol diakuinya berbeda, Pasalnya, dana bantuan parpol tersebut mengacu ke kursi yang ada di DPRD saat ini.

“Dari 10 parpol yang mendapat kursi otomasis parpol tersebut mendapatkan banyak suara, maka itulah mereka yang lebih tinggi menerima dana bantuan ini. Kalau untuk keseluruhan yang kita kuncurkan untuk 10 parpol ini sekitar kurang lebih Rp.850 juta sekian. Bahkan, nilai ini tidak ada perbedaan dengan tahun kemarin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, adapun 10 Parpol yang menerima bantuan ini yaitu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasdem, Perindo, PKB, Demokrat, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura dan PBB. (dap)