Beranda Nasional Dana BSPS Naik

Dana BSPS Naik

305

LEBONG – Dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di tahun 2021 ini mengalami kenaikan pagu anggaran per penerima. Dari Rp 17.500.000 juta di tahun 2020 menjadi Rp 20 juta per rumah di tahun 2021.

Kepala Dinas Perkim Lebong Yulizar SH, melalui Kabid Pembiayaan Perumahan Puji Warno SPd mengatakan dengan naiknya besaran pagu anggaran BSPS di tahun ini. Maka, pihaknya akan benar-benar selektif dalam memberi bantuan bagi warga yang layak dan tidak layak.

“Kalau tidak ada perubahan untuk tahun ini anggaran untuk 1 bedah rumah akan naik,” kata Puji.

Hanya saja, lanjutnya, tahun ini untuk tahun ini kuota untuk bedah rumah membudayakan kearifan lokal. Karena diketahui program ini bukan bangun baru melainkan bedah rumah yang memang anggarannya tidak mencukupi untuk membangun baru.

“Maka dari itu kami meminta tim kami untuk menilai rumahnya dulu, apakah rumahnya masih ada yang tidak bisa dimanfaatkan atau tidak. Misalkan atap rumah masih layak tidak usah lagi kita beli atap, karena kita ingin menghemat danannya,” terang Puji.

Terkait usulan penerima, Puji menuturkan, jika pihaknya telah menerima usulan dari Desa Suka Negeri Kecamatan Tapus, Desa Air Dingin dan Bajok Kecamatan Rimbo Pengadang dan Desa Kota Donok, Kelurahan Taba Anyar Kecamatan Lebong Selatan.

“Usulan desa sudah kami terima dan biasanya satu desa ini bisa mencapai 20 rumah yang akan di lakukan rehab rumah agar bisa melengkapi kelayakan, kelengkapan, kesehatan dalam rumah tersebut tercukupi. akan tetapi kita tidak tahu untuk tahun ini,” sampainya.(dap).