Beranda Nasional Darah Tinggi, Bupati Ditunda Suntik Vaksin Covid-19

Darah Tinggi, Bupati Ditunda Suntik Vaksin Covid-19

221
Bupati Lebong tampak tengah dilakukan pengecekan kesehatan.

LEBONG – Rencana penyuntikan vaksin pertama kepada Bupati Lebong, DR. E. H. Rosjonsyah, SIP, M.Si terpaksa ditunda. Pasalnya, setelah dilakukan screening kesehatan sebelum penyuntikan vaksin Covid-19, Bupati dinyatakan mengalami darah tinggi sehingga tidak bisa dilakukan penyuntikan vaksin. Meski demikian, FKPD bersama 21 orang pejabat Pemkab Lebong tetap dilakukan penyuntikan vaksin di RSUD Lebong.
Bupati Lebong, Dr. E. H. Rosjonsyah, SIP, M.Si, menjelaskan meski penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap dirinya ditunda karena mengalami darah tinggi, namun dirinya meyakinkan seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong termasuk para tenaga kesehatan untuk tidak takut menghadapi vaksinasi Covid-19 ini. Apalagi, pemerintah pusat sendiri sudah melakukan uji klinis terhadap vaksin tersebut sebelum dilakukan penyuntikan.
“Saya mengajak masyarakat tidak ragu terhadap vaksinasi karena ini sudah pasti aman dan halal. Kemudian, tidak mudah termakan isu-isu yang belum jelas kebenarannya mengenai vaksinasi Covid-19,” kata Bupati di RSUD Lebong Lebong kemarin (3/2).
Bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta mematuhi anjuran yang disampaikan pemerintah agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebong
“Saya berharap, seluruh masyarakat Lebong tetap mematuhi prokes. Dan mudah-mudahan wabah virus Covid-19 ini dapat segera berakhir,” imbaunya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, mengungkapkan penundaan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap Bupati Lebong karena berdasarkan hasil screening kesehatan yang dilakukan sebelum penyuntikan, hasil tensi darah yang dilakukan terhadap Bupati ini mencapai 207 mmHg.
“Disamping Bupati, ada 5 pejabat lain yang juga ditunda penyuntikan vaksinnya. Dan terhadap mereka ini kita akan memantau perkembangannya beberapa hari kedepan, jika memang sudah memungkinkan baru akan dilakukan penyuntikan vaksin,” katanya.
Sementara itu, pantauan dilapangan kemarin penyuntikan vaksin Covid-19 perdana di Kabupaten Lebong ini dilakukan terhadap Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, Kajari Lebong, Fadil Regan, SH, MH, Pabung Kodim 0409 Rejang Lebong di Kabupaten Lebong, Mayor Inf L. Damanik, serta 21 pejabat dijajaran Pemkab Lebong. (wlk)