Beranda Bengkulu Utara Data Pemilih Berkelanjutan, 9 TMS

Data Pemilih Berkelanjutan, 9 TMS

6751
Data Pemilih Berkelanjutan, 9 TMS

BENGKULU UTARA, radarlebong.com – Rabu (30/3) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bengkulu Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I Tahun 2022.

Dimana, pemutakhiran ini menetapkan sebanyak 202.737 data pemilih berkelanjutan periode Maret 2022. Jumlah DPB ini mengalami pengurangan dibanding tahun 2021, sebanyak 2 orang.

Hal ini disebabkan, lantaran adanya 9 pemilih masuk sebagai TMS sedangkan ada 7 orang penambahan DPB.

Baca Juga : Usulan PAW Anggota DPRD Lebong Belum Masuk ke KPU

“Terdapat 202.737 DPB kita untuk triwulan awal ini, sejauh ini terdapat pengurangan sebanyak 2 orang DPB. Ini lantaran, 9 orang dikurangi dari DPB karena tidak memenuhi syarat masuk¬† dikarenakan meninggal dunia dan pindah domisili ke luar daerah. Dilain pihak, juga ada penambahan DPB sebanyak 7 orang yang telah masuk usia DPB,” terang Ketua KPUD BU Suwarto.

Suwarto pun menjelaskan, dari 202.737 DPB ini, terdiri dari 102.900 DPB laki laki, dan 99.837 DPB perempuan. Pemutakhiran ini sendiri, pihaknya melibatkan 12 OPD di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara.

Dalam hal ini, pihaknya akan terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, mulai dari sinkronisasi dengan pihak Disdukcapil, Dinas Sosial, DPMD, dan lainnya. Sinkronisasi dengan OPD ini sendiri, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dalam pemutakhiran data.

“Yang pasti, pemutakhiran data pemilih ini dinilai sangat penting yang merupakan tugas pokok KPU dalam mensukseskan Pemilu mendatang. Meski demikian, kami tetap memperhatikan data kependudukan sesuai dengan Peraturan perundang-undangan,” demikian Suwarto.(aer)

=