Beranda Tubei DD Tahap Pertama Menyisakan 14 Desa Belum Pengajuan

DD Tahap Pertama Menyisakan 14 Desa Belum Pengajuan

139
Pegawai Dinas PMD Lebong melakukan verifikasi berkas pengajuan DD dan ADD desa tahap pertama.

LEBONG – Hingga kemarin (7/6), sedikitnya tercatat masih ada sebanyak 14 desa dalam Kabupaten Lebong yang belum menyerahkan berkas pengajuan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama sebesar 40 persen Tahun Anggaran 2021 ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong.

“Iya, sampai hari ini (kemarin,red) masih ada 14 desa di 8 Kecamatan lagi yang belum menyerahkan berkas pengajuan pencairan tahap pertama sebesar 40 persen tahun anggaran 2021,” ungkap kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid PMD Eko Budi Santoso M.Eng didampingi Kasi Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Maria Ulfa, SE, kepada Radar Lebong.

Lebih jauh, Ulfa menuturkan, adapun 14 desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama itu diantaranya, desa Kampung Dalam Lebong Utara, Suku Kayo Lebong Atas, Mangkurajo Lebong Selatan, Pungguk Pedaro, Talang Kerinci, Talang Liak II Bingin Kuning, Ujung Tanjung I Lebong Sakti, Suka Bumi Lebong Tengah, Nangai Tayau, Sukau Margo Amen, Kota Agung, Tangua Uram Jaya, dan Sungai Lisai Pinang Belapis.

Sementara, untuk berkas yang sudah di tanda tangan Sekda yang selanjutnya melakukan pencairan DD dan ADD tahap kedua ke Badan Keuangan Daerah (BKD) sebanyak 53 desa, dan 26 desa masih dalam proses rekomendasi.

“Untuk berkas yang sudah di verifikasi di bidang PMD ada 10 berkas, selanjutnya akan kita keluarkan rekomendasi untuk dinaikan ke meja Sekda untuk ditanda tangan agar bisa melakukan proses pencairan, ” katanya.

Ulfa menjelaskan, bagi desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan di himbau agar secepatnya bisa diserahkan kepada pihaknya. Sehingga bisa dilihat kelengkapan berkas pengajuanya, apalagi mengingat saat ini sudah memasuki pertengahan tahun 2021. Yang mana, salah satu persyaratan pengajuan tahap kedua ini, tentu desa harus menyerahkan dokumen APBDes.

“Dokumen itu nantinya harus dilakukan verifikasi ulang kelengkapan berkasnya, maka kami berharap, agar secepatnya desa bisa menyerahkan berkas tahap pertama. Sehingga desa bisa cepat melakukan pembangunan yang sudah direncanakan pada sebelumnya, ” pungkasnya. (wlk)