Beranda Nasional Diduga dari Puntung Rokok, Rumah Lansia Nyaris Ludes Terbakar

Diduga dari Puntung Rokok, Rumah Lansia Nyaris Ludes Terbakar

211
Terlihat warga bahu-membahu membantu korban kebakaran.

BINGIN KUNING – Warga Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan Bingin Kuning dan sekitarnya, kemarin sore (9/10) sekitar puku 17.30 wib heboh, lantaran kebakaran yang nyaris menghabiskan rumah semi permanen yang dihuni sepasang lansia, Domhir (82) dan Rahina (75).
Diduga percikan api yang berasal dari puntung dalam kamar menjadi penyebab hingga kobaran api di rumah lansia ini nyaris ludes terbakar. Beruntung kejadian cepat diketahui, sehingga berkat kesigapan warga yang bahu membahu sehingga tak kurang dari satu jam, api sudah bisa dipadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya.
Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK melalui Kapolsek Lebong Selatan AKP L Naibaho SH membenarkan adanya kebakaran yang terjadi dalam wilayah hukumnya. Dugaan sementara dari hasil olah TKP, api berasal dari puntung rokok dalam kamar milik korban.
” Dari hasil keterangan korban, jika sebelum kejadian itu Korban (Rahina,red) merokok dalam kamar. Kemudian usai merokok, rahina duduk bersama suami di teras. Diduga, tatkala itu, korban lupa mematikan puntung rokok sehingga percikan api dari puntung rokok langsung menyambar sekeliling barang milik korban,” terang Kapolsek.
Lanjut Kapolsek, api diketahui pertama kali oleh sang suami yang seketika langsung berteriak guna meminta pertolongan warga sekitar. Mendengar teriakan tersebut, warga langsung bahu membahu membantu korban untuk memadamkan api yang telah menghanguskan plafon kamar beserta perabotan lainnya.
” Dengan kejadian tersebut pemilik rumah mengalami kerugian mencapai 6 juta rupiah, “kata Kapolsek.
Atas kejadian ini, Kapolsek mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan puntung rokok maupun hal lain yang bisa mengakibatkan bencana bagi warga.
” Kami berharap kepada masyarakat untuk lebih waspada dengan bencana apalagi ini diduga dari rokok pemilik rumah, “imbaunya.
Terpisah Kades Karang Dapo Bawah, Aksa membenarkan kejadian tersebut dan akan mencarikan solusi terbaik untuk pemilik rumah yang telah mengalami kerugian akibat kejadian kebakaran tersebut.
” Tentunya kami dari Pemerintah Desa tidak tinggal diam dan nanti akan mengusulkan bantuan untuk meringankan kerugian yang dialaminya, bahkan pemilik rumah inipun sudah tua ,” tuturnya.(arp)