Beranda Bengkulu Utara Diduga Korupsi DD Ratusan Juta, Kades Kali Ditahan Jaksa

Diduga Korupsi DD Ratusan Juta, Kades Kali Ditahan Jaksa

235
0
Terlihat kades Kali Kecamatan Arma Jaya U yang digelandang ke mobil tahanan

BENGKULU UTARA – Diduga korupsi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020, Kepala Desa Kali Kecamatan Arga Jaya, SK (46) ditahan jaksa. Disinyalir, beberapa kegiatan yang bersumber dari DD terdapat kegiatan fiktif.
“Yang bersangkutan telah kita tetapkan sebagai tersangka dan tadi (kemarin, red) kita tahan,” kata Kepala Kejari BU, Elwin Agustian Kahar, SH, MH melalui Kasi Pidsus, Nopridiansyah, SH.
Pada penyidikan yang dilakukan pihaknya ditemukan adanya dugaan kegiatan fiktif pada realisasi DD tahun anggaran 2020 dengan temuan kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp 300 juta lebih. Beberapa kegiatan yang diduga fiktif ini diantaranya kegiatan pemberdayaan hingga kegiatan fisik. Sementara, yang direalisasikan oleh oknum kades ini, hanya merealisasikan untuk pembayaran honor.
“Menurut penuturan tersangka tadi, pekerjaan fisik dan pemberdayaan sengaja tidak dikerjakan. Sementara untuk BLT, itu menurutnya sudah dibagikan dan pertanggungjawabannya lengkap. Untuk pengakuannya, uang hasil korupsi ini hilang, karena ditanya kemana aliran dana ini, kades tetap menjawab tidak tahu, dan ini ia tetap akan mempertanggungjawabkannya,” bebernya.
Untuk modus ia dalam melakukan pencairan uang, mengapa bisa mencairkan sementara pekerjaan tidak bisa diselesaikan. Novri menjelaskan, untuk teknis pencairan itu silahkan ditanyakan ke Dinas PMD. Karena tahun 2020 inilah yang menjadi permasalahan, pencairan ini tanpa melalui verifikasi terlebih dahulu, dan dana itu langsung masuk ke rekening.
“Soal nanti akan adanya penyitaan aset, dimana pengecekan aset berharga atas hasil dugaan korupsi, itu nanti akan kita tindak lanjuti lebih jauh. Sementara saat ini, itu dulu, dan kades sendiri akan kita titipkan di Lapas dulu mulai masa penyelesaian berkas hingga sidang nanti,” demikian Novri. (aer)

//

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here