Beranda Pendidikan Dikbud Imbau Sekolah Jangan Tahan Ijazah

Dikbud Imbau Sekolah Jangan Tahan Ijazah

24
Rapot SD SMP Dibagikan
Kabid Pembinaan Pendidikan Habibi SPd (foto amri rakhmatullah/radarlebong.com)

LEBONG,radarlebong.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong mengingatkan setiap satuan pendidikan khususnya di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Lebong untuk tidak menahan ijazah pelajarnya dengan alasan apapun.

Terlebih karena alasan tunggakan uang sekolah atau semacamnya. Karena pendidikan tingkat SD maupun SMP Negeri semuanya gratis. Jadi setiap sekolah tak ada alasan untuk menahan ijazah pelajarnya.

“Apalagi ijazah tersebut sangat diperlukan bagi pelajar untuk melanjutkan sekolah kejenjang berikutnya,” kata Kabid Pendidikan dan Pembinaan Dikbud Lebong, Habibi, S.Pd.

Lanjut Habibi, untuk pengumuman kelulusan SD dan SMP sendiri akan dilaksanakan serentak pada 15 Juni mendatang. Dalam menentukan kelulusan ini, semuanya diserahkan kepada masing-masing sekolah.

Baca Juga : Miliaran Dana DAK Dikbud Lebong Terancam Hangus

Namun ia berpesan, setiap sekolah harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Untuk laporan pelaksanaan ujian hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan tersebut kemungkinan pihak masing-masing sekolah masih dalam menyusun laporannya.

“Laporan pelaksanaan ujian sekolah maupun hasil kelulusan masing-masing sekolah kami tunggu hingga 17 Juni mendatang,” jelasnya.

Ditambahkan Habibi, dipastikan ijazah bagi pelajar yang dinyatakan lulus sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Dan, kami mengancam akan memanggil dan memberikan sanksi bagi sekolah yang kedapatan memungut uang tebusan ijazah kepada pelajarnya.

“Kami pastikan ijazah gratis tanpa sedikitpun dipungut biaya,” tegasnya.(bye)