Beranda Nasional Dinas Perpusip Cuma Koleksi 1 Judul Buku Sejarah Rejang

Dinas Perpusip Cuma Koleksi 1 Judul Buku Sejarah Rejang

288
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lebong hanya memiliki 1 koleksi judul buku sejarah rejang yakni Anok Kutai Rejang.

LEBONG – Meski Lebong dikenal sebagai sebutan Kota Tua karena memiliki sejarah panjang dalam catatan sejarah Indonesia, namun sayangnya hingga saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Lebong hanya memiliki 1 judul buku tentang sejarah Rejang.
“Buku inipun kita dapatkan dari pemberian Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong pada tahun 2015 silam. Dan sampai ini, belum ada penambahan judul buku tentang sejarah rejang maupun tentang sejarah Lebong yang bisa menjadi literasi bagi pengunjung,” ungkap Kepala Dinas Perpusip Lebong, Ahmad Gozali melalui Kabid Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Dani Arizon, S.Sos.
Disinggung mengenai usulan penambahan jumlah judul buku tentang sejarah rejang maupun sejarah Lebong, Dani mengaku jika selama ini sudah sering mengusulkan penambahan jumlah judul buku yang berkaitan dengan sejarah rejang maupun sejarah Lebong ke Pemkab Lebong, sayangnya hingga saat ini usulan tersebut belum terealisasi.
“Kalau usulan sudah sering kita sampaikan ke Pemkab, tapi belum terealisasi. Dan terakhir kita mendapatkan tambahan buku-buku pengetahuan umum tahun 2018 lalu,” terangnya.
Terbatasnya jumlah koleksi buku dan judul buku tentang sejarah Lebong maupun sejarah Rejang ini, membuat pihaknya tidak bisa memberikan peminjaman pada judul buku tersebut. Namun, bagi pengunjung yang ingin membaca buku ini hanya dibolehkan membaca di Perpustakaan Daerah saja.
“Kadang ada juga yang datang untuk mencari buku tentang sejarah ini, biasanya untuk kepentingan penelitian dan dari para pelajar mencari tugas-tugas sekolah mereka yang berkaitan dengan sejarah Rejang maupun sejarah Lebong,” singkatnya. (cw2)