Beranda Nasional Dinkes Pastikan Insentif Nakes Dibayar

Dinkes Pastikan Insentif Nakes Dibayar

119
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Dinas Kesehatan Lebong memastikan insentif tenaga kesehatan (nakes) akan dibayar. Kendatipun, pembayarannya masih menunggu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) disahkan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, mengakui jika insentif Nakes belum dibayarkan karena masih menunggu APBD-P. Terlebih, anggaran sebelumnya sudah habis, sehingga diajukan anggaran baru sebesar Rp 1,4 miliar dalam APBD-P tahun anggaran 2021.

“Kalau anggaran sebelumnya itu sudah habis, dan sekarang sudah kita ajukan anggaran baru dalam APBD-P sebesar Rp 1,4 miliar, ” kata Rachman.

Diakuinya, untuk insentif nakes di RSUD yang belum terbayar periode Maret hingga Desember. Sedangkan, Nakes Puskesmas periode Agustus hingga Desember 2021 mendatang. Meski demikian, dipastikan sisa insentif para nakes yang belum dibayar seluruhnya akan dilunasi melalui APBD-P.

“Kami pastikan, setelah DPA keluar insentif para nakes akan langsung kami bayarkan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa kita bayarkan, ” ujarnya.

Dijelasknnya, insentif tersebut ditransfer ke rekening masing-masing nakes yang bertugas menangani kasus dan notifikasi atau orang yang datang dari zona merah daerah pandemi Covid-19. Termasuk mendata dan mengawasi orang tersebut apabila ada gejala melakukan pemeriksaan baik menggunakan rapid test atau pun swab.

Ditambahkannya, untuk besaran insentif yang diterima nakes nilainya bervariasi, karena tergantung dari jumlah kasus yang ditangani. Dalam penghitungan pembayaran insentif itu juga dilakukan secara khusus berdasarkan rumus dalam merealisasikan isentif, karena tak semua petugas medis bisa mendapatkan insentif.

” Meski begitu kita berharap 121 nakes dapat terus menjalankan tugasnya dalam membantu pemerintah memerangi wabah Covid-19. Dimana, total nakes yang menerima insentif ada 121 orang dan untuk nilainya bervariasi, tergantung dengan jumlah kasus konfirmasi positif yang ditangani dalam wilayah masing-masing. Kami berharap para nakes dapat terus menjalankan tugasnya dalam membatu pemerintah memerangai wabah Covid-1, ” singkatnya. (wlk)