Beranda Nasional Dinkes Pastikan Insentif Nakes Segera Dibayarkan

Dinkes Pastikan Insentif Nakes Segera Dibayarkan

115
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Terkait Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas dalam penanganan pasien Covid-19 yang belum menerima insentif sejak Desember 2020 hingga saat ini (Juli), Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong memastikan insentif ini bakal segera dibayarkan dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM saat dikonfirmasi Radar Lebong.
“Tadi (kemarin, red) kita sudah mengikuti rapat dengan Kementerian secara zoom meeting terkait pembayaran insentif nakes. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera dibayarkan,” kata Rachman.
Dirinya meminta Puskesmas segera melengkapi berkas persyaratan untuk pengajuan pencairan insentif nakes yang bertugas melakukan penanganan pasien Covid-19. Karena mengingat dalam pekan ini juga semua berkas penggajuan harus sudah harus diajukan untuk diverifikasi kelengkapannya.
“Untuk pembayaran insentif nakes bulan Desember itu sumber anggarannya dari APBN pusat. Sedangkan 2021 ini sumber anggarannya diambil Bantuan Operasional Kesehatan Tambahan (BOKT),” lanjutnya.
Besaran insentif masing-masing nakes jumlahnya bervariasi, tergantung dari jumlah kasus Covid-19 yang ditangani dan dihitung melalui aplikasi. Pembayaran insentif itu sendiri akan dihitung secara khusus dihitung mulai dari jumlah screning maupun jumlah swab.
Tidak semua nakes akan insentif, karena bantuan itu akan diberikan kepada petugas yang melayani pasien Covid-19 baik dokter yang merawat maupun yang mengobati. Selain itu, penanganan kasus Covid-19 tidak mesti pasien terkonfirmasi positif Covid-19, namun diberlakukan penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP).
“Jadi ada penghitungan khusus dan rumus dalam merealisasikan isentif ini, karena tidak semua nakes bisa mendapatkan insentif tersebut,” jelasnya.
Terkait dengan honor petugas vaksinator Covid-19 yang belum dibayarkan, Rachman mengaku jika saat ini aturan untuk pembayaran honor tersebut masih diproses di Bagian Hukum. Namun, dirinya memastikan sesuai instruksi Bupati, honor petugas vaksinator ini pasti akan dibayarkan.
“Kita sudah diminta Bupati, agar insentif nakes ini dibayarkan dalam waktu 3 hari ini. Mudah-mudahan saja seluruhnya bisa segera direalisasikan untuk nakes yang ada di Lebong,” singkatnya.(wlk)