Beranda Nasional Dinkes Seleksi 197 Calon THLT

Dinkes Seleksi 197 Calon THLT

505

LEBONG – Sebanyak 197 calon Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) dilingkup Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong menjalani tes uji kompetensi yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Seleksi itupun dilakukan menindaklanjuti intrusksi Pemerintah Daerah (Pemkab) Lebong, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang dilaksanakan bertempat di kantor Dinkes Lebong pada Selasa, (27/4).
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM mengatakan bahwa tes uji kompetensi dilaksanakan berdasarkan intruksi Pemkab Lebong yang wajib dilakukan oleh setiap OPD, sebagai dasar untuk merupakan dasar bagi pihaknya untuk melakukan perekrutan THLT tahun 2021. Pelaksanaan tes dilaksanakan pada tiga tempat yakni aula rapat, Sekretariat, dan gedung PSC.
“Tes uji kompetensi yang kita laksanakan hari ini (kemarin, red) adalah dasar untuk merekrut THLT yang akan membantu kinerja para ASN kita,” kata Rachman.
Lebih jauh, dijelaskannya, bagi THLT yang tidak mengikuti tes uji kompetensi tanpa adanya keterangan yang jelas, maka sudah dianggap mengundurkan diri. Yang mana, tes uji kompetensi sendiri dilaksanakan bertujuan agar para THLT yang direkrut benar-benar berkualitas memiliki kemapuan, beritika dan lain sebagainya dalam menjalankan tugas untuk membantu meringankan kinerja para ASN dilingkungan Dinkes Lebong. Kemudian, dari hasil pelaksanaan tes uji kompetensi akan disampaikan kepada Pemkab Lebong melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong.
“Untuk soal-soal tes uji kompetensi yang kita berikan ini sesuai dengan bidang mereka masing masing, artinya jika memang selama ini mereka (THLT, red) aktif bekerja menjalankan tugasnya. Maka dipastikan mereka bisa menjawab soal tes tertulis ataupun pertanyaan tes wawancara, tapi kalau mereka tidak aktif otomatis mereka akan kebingungan untuk menjawab soal tersebut, ” jelasnya.
Rachman pun menambahkan, dirinya berharap kepada seluruh THLT baik di Dinkes maupun Puskesmas yang sudah mengikuti tes uji kompetensi. Kedepan harus dapat meningkatkan kinerjanya, turutama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
“Jadi, tes uji kompetensi ini dilaksanakan agar para THLT yang akan diusulkan sesuai dengan analisis jabatan (anjab) memang benar-benar mempunyai kemampuan dan serius untuk bekerja memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Lebong,” singkatnya. (wlk)