Beranda Nasional Dinkes Tunggu Hasil Uji Lab 100 Sampel Swab

Dinkes Tunggu Hasil Uji Lab 100 Sampel Swab

140
Petugas medis Puskesmas Muara Aman saat melakukan test swab terhadap warga di Kecamatan Lebong Utara.

LEBONG – Kendatipun saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong berstatus zona orange resiko sedang penyebaran wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Namun tidak menutup kemungkinan warga Lebong akan kembali terpapar virus corona, itupun mengingat sebanyak 100 sampel swab warga Lebong yang sudah di kirim ke laboratorium Pemprov Bengkulu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong.
“Iya, belum lama ini kami (Dinkes,red) sudah mengirim 100 sampel swab di laboratorium Pemprov Bengkulu, dan sampai saat ini hasilnya masih kita tunggu,” kata Kepala Dinkes LLebong, Rachman, SKM melalui Kasubbid Surveilans Imuniisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM ketika dikonfirmasi Radar Lebong pada Kamis (1/7).
Diakuinya, ratusan sampel swab yang saat ini masih dilakukan pemeriksaan di laboratorium Pemprov Bengkulu itu merupakan warga yang memiliki konta erat dengan pasien positif Covid-19 pada sebelumnya. Maka dari itulah, tidak menuntup kemungkinan Lebong kembali akan bertambah kasus baru. Apalagi, beberapa sampel yang sudah diambil itu aadalah keluarga dekat pasien positif corona, jika nantinya terjadi lonjakan kasus positif baru otomatis Lebong tidak lagi zona orange melainkan zona kuning.
“Sampel swab warga Lebong yang di kirim ke Pemrov Bengkulu ini rata-rata mereka yang memiliki konta erat dengan pasien positif corona,” katanya.
Ditambahkannya, untuk jumlah komulatif total keseluruhan kasus positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong mencapai sebanyak 169 kasus. Rincianya, 166 kasus sembuh serta 3 kasus meninggal dunia. Untuk itu, di imbau kepada seluruh masyarakat Lebong untuk tetap disiplin menerapakan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Kami mengajak seluruh masyarakat terkhususnya masyarakat Lebong untuk selalu disiplin menerapkan 3M yaitu, menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan secara rutin. Langkah itu dimaksud untuk memanimilisir penularan wabah virus corona,” tutupnya. (wlk)