Beranda Bengkulu Utara Direktur PDAM TRS Akui Kendaraan Operasional Sistem Sewa

Direktur PDAM TRS Akui Kendaraan Operasional Sistem Sewa

340
Plt Direktur PDAM TRS Ujang Zakaria

BENGKULU UTARA – Ternyata, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ratu Samban milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, selama ini benar melakukan sewa kendaraan mewah untuk operasional, yang menguras anggaran rutin perusahaan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Kebenaran ini terungkap, berdasarkan pengakuan Plt Direktur PDAM TRS Ujang Zakaria, yang mengaku kepada anggota DPRD BU dalam hearing komisi II di gedung DPRD BU.
“Iya, kami menyewa atau merental mobil untuk operasional memang ada pak, dan kami dari PDAM memang diperbolehkan,” ujar Ujang Zakaria.
Ujang pun menjelaskan, sewa kendaraan roda empat oleh manajemen PDAM tersebut, berjumlah tiga unit. Kemudian, untuk anggaran sewa satu unit kendaraan, senilai Rp 10 Juta per bulan. Sehingga, jumlah total anggaran untuk sewa kendaraan tersebut mencapai Rp. 30 Juta perbulannya.
“Jumlahnya ada tiga unit kendaraan yang kami rental atau sewa,” jelasnya.
Menanggapi hal ini, apa yang dilakukan oleh manajemen PDAM TRS ini, jelas patut menjadi sorotan. Pasalnya, selama ini seperti ditandaskan Benny Bumansyah, pihak PDAM TRS selalu mengalami defisit anggaran sehingga merugi. Namun, apa yang dilakukan oleh manajemen ini jelas sudah menghambur-hamburkan uang perusahaan, yang diketahui merupakan uang pemerintah daerah.
“Kok bisa menghambur-hamburkan uang sebesar itu, hanya untuk sewa kendaraan. Jika diestimasi berarti sewa kendaraan saja dalam setahun mencapai Rp. 360 Juta. Setiap kita tanya, selalu jawabannya merugi. Kalau uang tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat nggak jadi masalah lah, ini untuk kesejahteraan pihak PDAM yang menjual Air dari tuhan yang dibantu oleh pemerintah. Apa yang terungkap ini, kami minta Pemkab evaluasi nih, manajemen PDAM,” ketus Benny selaku anggota Komisi II DPRD BU. (aer)