Beranda Nasional Ditemukan 4 Hewan Qurban Penyakitan

Ditemukan 4 Hewan Qurban Penyakitan

150
Kabid Peternakan drh. Ferdi Ferdian melakukan pemeriksaan di lapak jual beli hewan qurban belum lama ini.

LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong melalui Bidang Peternakan belum lama ini melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban yang akan disembelih di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Sayangnya, dari 389 Ekor hewan keseluruhan yang akan dikurban tersebut terdapat setidaknya 4 hewan Qurban Sapi mengalami penyakitan.

“Seluruhnya sapi, kita melakukan pengecekan hewan tersebut di masjid ataupun lapak-lapak jual beli hewan qurban yang tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong, bahkan, Sapi ini berasal dari Kabupaten Bengkulu Utara semua,” kata Kepala Disperkan Lebong Emi Wati, SE, M.Ak melalui Kabid Peternakan drh. Ferdi Ferdian.

Secara rinci, dirinya menjelaskan jika 4 kasus penyakitan tersebut mulai dari 1 ekor sapi mengalami sakit mata, 2 ekor sapi mengalami sakit kulit, dan 1ekor sapi mengalami cacing hati.

“Untuk itulah, kita langsung tidak menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi hewan tersebut, dan langsung kita kerahkan untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut,” terangnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, pemeriksaan ini penting untuk memastikan hewan kurban aman dikonsumsi, sementara itu untuk organ sapi yang mengandung penyakit tersebut langsung ditarik dan dimusnahkan karena bisa membahayakan kesehatan masyarakat.

“Apabila tidak di periksa pastinya sangat membahayakan masyarakat yang mengkonsumsi dan juga dengan pemeriksaan terhadap hewan qurban juga menghindari tidak ada daging kurban yang tidak sehat di konsumsi masyarakat,” tandasnya. (dap)