Beranda UTAMA Duh Gusti, Hari Gini Petugas Damkar Lebong Masih Diupah Rp 500 Ribu

Duh Gusti, Hari Gini Petugas Damkar Lebong Masih Diupah Rp 500 Ribu

2269
Zarnubi, bersama mobil dambar Lebong yang nyungsep di Talang Ulu saat akan membantu kebakaran di Turan Lalang. (foto amri/radarlebong.com)

LEBONG, radarlebong.com – Meski bekerja menantang maut sebagai garis terdepan pelayanan kebakaran, namun upah petugas damkar Lebong masih jauh dari kata sejahtera.

Hari gini, petugas damkar di Kabupaten Lebong masih diupah sebesar Rp 500 ribu per bulan.

Baca Juga: Badai Pandemi Covid-19, Dewan Malah Naik Gaji

Zarnubi, salah satu petugas damkar saat dibincangi Radar Lebong, mengaku jika profesi ini sudah dilakoninya sejak 2006 hingga sekarang.

Ia mengaku, hampir setiap musibah kebakaran yang terjadi dalam rentang waktu itu, tak pernah terlewat olehnya. Ia dan rekannya, berada di garis terdepan menantang maut menghadapi amukan si jago merah yang melahap bangunan milik warga.

“Setiap ada laporan kebakaran, saya selalu ikut membantu. Sudah menjadi tugas kami untuk mengabdi mengabdi dan membantu masyarakat. Pantang pulang sebelum padam,” katanya.

Baca Juga: Kumpulkan Petugas Damkar, Bupati Pastikan Tambah Armada PBK 

Meski sudah bekerja puluhan tahun namun upah yang ia terima hanya sebesar Rp 500 ribu per bulan.

“Kalau dihitung dengan kebutuhan di rumah, tentu ini sangat tidak mencukupi,” terangnya.

Sempat mencicipi upah sebesar Rp 800 ribu per bulan, namun saat ini upah yang ia terima kembali menjadi Rp 500 ribu karena disetarakan dengan petugas damkar lainnya.

“Kalau bisa, saya maunya ada kenaikan dari jumlah yang di terima sekarang,” harapnya.