Beranda Nasional Edaran Sekda Hambat Pencairan Gaji THLT

Edaran Sekda Hambat Pencairan Gaji THLT

1026
Sidak Ketua DPRD Lebong di Dukcapil Lebong

LEBONG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong, Elva Mardiana, SIP, M.Si, mengaku jika anggaran gaji bagi 21 Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) sudah terakomodir dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2021. Hanya saja, rencana pencairan gaji THLT ini sebelum lebaran yang lalu diakuinya terkendala karena Surat Edaran (SE) Sekda Lebong yang hanya mengakomodir 4 kategori THLT yang sudah memiliki SK.
“Gaji mereka (THLT, red) ini sudah dianggarkan dalam DPA 2021, tapi saat kita melakukan pengajuan LS ke BKD Lebong, honor THLT ini tidak bisa dicairkan alasannya karena Pemkab hanya mengakomodir gaji THLT 4 kategori sesuai edaran Sekda yang telah di SK kan,” ungkap Elva.
Disebutkannya, total THLT yang ada di Dinas Dukcapil Lebong hanya sebanyak 37 orang dan saat ini hanya tersisa sebanyak 16 orang saja, sisanya 21 orang THLT telah dirumahkan dan belum menerima gaji. Ia menyayangkan kebijakan yang tertuang dalam edaran tersebut, apalagi Dinas Dukcapil Lebong merupakan OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat.
“Karena tidak adanya jaminan pembayaran gaji mereka (THLT, red) ini karena ditolah oleh Pemkab, terpaksa kami rumahkan. Jumlah 16 orang THLT yang saat ini masih bekerja, tentu masih sangat kurang khususnya bagi kami yang memberikan pelayanan langsung untuk masyarakat,” terangnya.
Disisi lain, ia mengaku sangat mendukung rencana Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, untuk mempertanyakan kejelasan masalah THLT yang sudah dirumahkan namun belum menerima upah.
“Kami sangat berharap Ketua DPRD bisa membantu untuk memperjuangkan nasib THLT ini, apalagi mereka ini sudah bertahun-tahun bekerja disini membantu pelayanan adminduk bagi masyarakat,” harapnya. (wlk)