Beranda Nasional Empat Potensi Bencana Alam Ancam Lebong

Empat Potensi Bencana Alam Ancam Lebong

190
Kepala BPBD Lebong, Fahkrurrozi, S.Sos, M.Si.

LEBONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong mencatat ada 4 potensi bencana alam yang mengancam Lebong karena kerap terjadi setiap tahunnya. Ke-4 bencana alam itu yakni bencana banjir, tanah longsor, cuaca ekstrim, serta kebakaran hutan dan lahan.

Kepala BPBD Lebong, Fahkrurrozi, S.Sos, M.Si mengungkapkan bahwa terdapat 4 potensi bencana alam yang kerap terjadi dalam setiap tahunnya di Kabupaten Lebong.

” Sementara untuk wilayah yang sudah dipetakan sebagai wilayah rawan bencana hampir terjadi 12 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong, ” kata Rozi sapaan akrabnya kepada Radar Lebong Selasa, (9/2).

Lebih jauh Rozi merincikan ke-4 potensi bencana alam berdasarkan peta resiko bencana tanah longsor meliputi Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Pelabai, Amen, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah, Bingin Kuning, Lebong Selatan, Topos, Rimbo Pengadang. Kemudian peta resiko bencana cuaca ekstrim meliputi Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Amen, Pelabai, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah Bingin Kuning, Lebong Selatan, Rimbo Pengadang, Topos.

Selanjutnya, peta resiko bencana kebakaran hutan dan lahan meliputi Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Pelabai, Amen, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah, Bingin Kuning, Lebong Selatan, Rimbo Pengadang, Topos. Berikutnya peta resiko bencana banjir meliputi Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Pelabai, Amen, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah, Bungin Kuning, Lebong Selatan, Rimbo Pengadang, Topos.

“Dari peta resiko bencana ini hampir semua wilayah Kecamatan memiliki potensi bencana alam, ” tuturnya.

Lebih jauh dijelaskannya, dalam penanganan berbagai bencana alam di Kabupaten Lebong, pihaknya (BPBD,red) yang ditunjuk sebagai penanggulangan sedikit mengalami kesulitan. Salah satunya dengan keterbatasan sarana dan prasarana penanggulangan yang dimiliki seperti fasilitas kendaraan alat berat maupun ketersedian logistik. Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah daerah maupun anggota DPRD Kabupaten Lebong lebih dapat memperhatikan kondisi yang dialami BPBD Lebong dalam penanggulangan bencana alam.

“Seperti yang kita ketahui bencana alam yang tidak pernah terjadi di Kabupaten Lebong adalah tsunami. Untuk itu, kedepan kami berharap Pemkab Lebong agar dapat memikirkan kondisi BPBD Lebong dalam penanggulangan bencana baik itu sarana dan prasana maupun ketersediaan stok logistik, untuk membatu masyarakat yang terdampak bencana alam, ” bebernya.

Disisi lain Rozi menambahkan, pihaknya menghimbau keada seluruh masyarakat Lebong terutama masyarakat yang tinggal pada wilayah rawan bencana, untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam. Imbauan itu disampaikan mengingat sejak bebeapa minggu terakhir Lebong terus diguyur hujan lebat, apalagi bencana alam tidak ada yang bisa menebak kapanpun dan dimanapun bisa saja terjadi.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Lebong untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi hal buruk yang tidak kita inginkan, ” pungkasnya. (wlk)