Beranda Bito Sadei Gawat, Material Longsor Masih Dibiarkan

Gawat, Material Longsor Masih Dibiarkan

85
Gawat, Material Longsor masih dibiarkan.
Gawat, Material Longsor masih dibiarkan.

RadarLebong.com, LEBONG UTARA – Gawat, Material tanah longsor pada kawasan objek wisata lubang kacamata di desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong yang terjadi pada Selasa (18/1) sore lalu, belum dapat dibersihkan lantaran hujan lebat masih terus mengguyur Kabupaten Lebong.
Kades, Mispon membenarkan belum dibersihkan material  tersebut karena terkendala hujan lebat, sehingga material belum dapat dibersihkan oleh pihaknya yang dikhawatirkan akan terjadinya longsor susulan yang dapat membahayakan keselamatan warga.
“Tadi (kemarin,red), rencananya kita akan melaksanakan gotong royong bersama warga membersihkan bekas material tanah longsor pada kawasan objek wisata lobang kacamata ini, karena hujan lebat sehingga material tersebut belum dapat kita bersihkan, dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” kata Mispon.
Menurutnya, untuk membersihkan material longsor juga membutuhkan alat berat, itu mengingat banyaknya batu besar yang memang harus dibersihkan menggunakan alat berat. Untuk itulah, diharapkan pemerintah bisa mengerahkan alat berat yang dimaksud untuk membantu membersihkan material longsor.
“Kalau hanya dengan bergotong royong itu tidak akan bisa maksimal, sebab material¬† ini tidak hanya tanah saja, melainkan juga banyak batu besar yang harus dibersihkan menggunakan kendaraan alat berat,” katanya.
Ditambahkannya, mengingat saat ini masih dalam cuaca ekstrim yang dikhawatirkan akan terjadi bencana alam serupa, pihaknya mengimbau agar warga tidak dulu melakukan aktivitas dilokasi lobang kacamata, termasuk juga para pengunjung objek wisata lobang kacamata.
“Hujan lebat yang sedang terjadi saat ini bisa saja menyebabkan bencana alam. Untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi, maka diimbau agar warga tidak dulu melakukan aktivitas di sekitar lubang kacamata,” imbuhnya. (rak)