Beranda Nasional Hanya Ada 14 Penyuluh KB Untuk 93 Desa

Hanya Ada 14 Penyuluh KB Untuk 93 Desa

144
Firdauz

LEBONG – Wajar jika sosialisasi akan pentingnya program Keluarga Berencana (KB) hingga ke desa dan kelurahan se Kabupaten Lebong belum berjalan optimal. Pasalnya, hanya ada 14 penyuluh KB yang menaungi 93 desa dan 11 kelurahan se Kabupaten Lebong.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Drs. Firdaus, M.Pd mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Lebong baru terdapat 14 petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) itupun statusnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) pusat yang diperbantukan di Kabupaten Lebong.

“Dengan jumlah tersebut kita masih sangat kekurangan petugas PLKB, ” ujarnya.

Firdauz menjelaskan petugas PLKB memiliki tugas melakukan pembinaan masalah KB minimal 1 petugas untuk 3 desa/kelurahan. Sehingga dengan jumlah petugas PLKB saat ini, sangat dirasakan sangat kurang. Untuk itulah, pihaknya memperbantukan 2 PNS yang ada di Dinas P3AP2KB ditambah 4 orang pegawai Tenaga Hrian Lepas Terdaftar (THLT).

“Itulah yang bisa kita lakukan, sehingga bisa membantu 14 petugas PLKB yang ada saat ini,” tambahnya.

Meskipun masih mengalami kurang petugas PLKB di Kabupaten Lebong, sebenarnya telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, agar bisa menambah petugas PLKB sehingga bisa mengakomodir dalam melakukan penyuluhan di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Lebong.

“Setiap ada pertemuan di tingkat Provinsi kita selalu menyampaikan jika kita masih kekurangan petugas PLKB,” ujarnya.

Lebih jauh ditambahkannya, dengan masih dibutuhkannya petugas PLKB dalam memberikan penyuluhan KB kepada masyarakat, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat mengakomodir kekurangan tersebut.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan penambahan petugas PLKB,” tukasnya. (wlk)