Beranda Nasional Hari Ini, 745 Nakes Divaksin Suntik Kedua

Hari Ini, 745 Nakes Divaksin Suntik Kedua

169
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Jika tidak ada kendala, direncanakan hari ini (18/2) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong bakal kembali melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama penyuntikan kedua kepada sebanyak 745 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Lebong. Vaksinasi ini dilaksanakan di 13 Puskesmas dan RSUD Lebong.
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM menjelaskan untuk vaksinasi Covid-19 tahap pertama penyuntikan pertama yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, dari 745 nakes yang sudah registrasi, hanya 465 nakes yang sudah divaksin atau mencapai 60,8 persen, sementara sisanya 174 nakes batal divaksin lantaran memiliki penyakit penyerta dan 107 nakes tunda divaksin.
“Sedangkan 174 nakes batal divaksin karena memiliki penyakit penyerta yang dapat berisiko tinggi terhadap kesehatannya. Namun, bagi mereka yang belum disuntik vaksin besok (hari ini, red) akan tetap discreening ulang untuk memastikan kondisi kesehatan mereka apakah bisa di vaksin atau sebaliknya,” kata Rachman.
Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan ada penambahan jumlah sasaran seperti guru-guru ASN, TNI, Polri, pelaku wisata, BUMN, BUMD, tokoh-tokoh agama hingga semua jurnalis yang ada Lebong. Saat ini, pihaknya masih melakukan pengumpulan data sasaran yang akan diinput untuk selanjutnya dilaporkan kepada Kemeskes RI sebagai data penyuntikan tahap kedua.
“Kita masih melakukan pendataan jumlah sasaran baru, data sasaran baru ini selanjutnya akan dilaporkan kepada Kemkes RI,” singkatnya. (wlk)