Beranda Bengkulu Utara Hari Ini, KBM Tatap Muka Dimulai

Hari Ini, KBM Tatap Muka Dimulai

145
Sekretaris Dispendik BU Bambag Pramana Budi

BENGKULU UTARA – Pasca tertunda berkali-kali guna mengikuti arahan dari SKB 4 Menteri. Akhirnya, Pemkab Bengkulu Utara, mulai hari ini akan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Hal ini, sesuai dengan arahan dari Bupati Bengkulu Utara (BU) tertanggal 11 Februari 2021. Dimana, pelaksanaan KBM Tatap Muka untuk TK/PAUD, SD, SMP di Kabupaten BU akan dimulai pada tanggal 15 Februari 2021. Hal tersebut disampaikan, oleh Kepala Dinas Pendidikan BU, Agus Haryanto melalui Sekretaris Bambang Pramana Budi.

“Insyaallah, sesuai dengan arahan Bupati, KBM tatap muka akan dimulai besok (hari ini,red),” ujar Bambang.

Dijelaskannya, pemberlakuan KBM tatap muka diambil setelah beberapa kali penundaan pelaksanaan KBM tatap muka ini. Padahal, berdasarkan kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah di tengah pandemi covid-19. Dimana, SKB empat menteri tersebut memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, untuk pembukaan satuan pendidikan di daerah masing-masing. Menanggapi hal inilah, pihaknya sudah memberitahukan kepada seluruh pihak sekolah dimana dalam menyelenggarakan KBM nantinya, akan dipantau oleh tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19. Terlebih, terhadap penerapan protokol kesehatan saat kegiatan KBM berlangsung. Sekolah harus menerapkan Prokes, kapasitas kelas 50 persen dengan menerapkan sistem ganjil genap.

“Sejauh ini, kami sudah mensosialisasikan keputusan ini ke seluruh sekolah, baik prokes maupun sistem pelaksanaan KBMnya. Pelaksanan ini juga akan dipantau 1 bulan kedepan dan di evaluasi. Bila ternyata tidak ditemukan hal-hal yang merugikan atau kasus, tentu akan dilanjutkan. Namun, jika ditemukan hal yang merugikan tentu akan dilakukan evaluasi kembali,” demikian Bambang.(aer)