Beranda Nasional Hari Ini, Logistik Pilkada Mulai Didistribusikan

Hari Ini, Logistik Pilkada Mulai Didistribusikan

196
KPU akan mendistribusikan logistik KPU seperti Surat Suara, Kotak Suara dan lainnya ke kecamatan.

// Belum Terima Undangan, Pemilih Segera Lapor

LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, mulai hari ini (7/12) akan mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) selama 2 hari dari tanggal 7 hingga 8 Desember.

Pendistribusian dilakukan secara berjenjang, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Selanjutnya PPK ke Panitia Pemungutan Suara PPS (tingkat kelurahan). Terakhir dari PPS ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Lebong Salahuddin Al Khihdr, SE mengatakan proses distribusi logistik rencananya akan dilakukan KPU Lebong ke Panitia Pemungutan Suara (PPK) selama 2 hari.
Mulai hari ini (7/12) hingga 8 Desember 2020. Dihari pertama, lanjut Khidhr, distribusi logistik akan dilakukan untuk 4 kecamatan yakni Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Rimbo Pengadang dan Kecamatan Topos.

“Kemudian, di hari kedua (8/12) pendistribusian untuk 8 kecamatan lainnya masing-masing Kecamatan Lebong Selatan, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Lebong Tengah, Amen, Lebong Utara, Lebong Atas dan Kecamatan Pelabai. Sementrara, distribusi logistik di 2 TPS sulit yakni Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis akan dilakukan langsung menuju lokasi dengan tetap mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian dan TNI,” jelas Khidhr.

Sementara, tambah Khidhr, untuk Surat Suara (SuSu) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu masih kedapatan kekurangan surat suara. Dalam hal ini kekurangan surat suara
tersebut sudah disampaikan oleh KPU Lebong ke KPU Provinsi Bengkulu untuk segera dilengkapi. Dimana, sebelumnya, kekurangan 2.220 lembar surat suara Pilgub sebelumnya telah dilengkapi oleh PT. Temprina selaku penyedia dan telah diterima KPU Lebong. Hanya saja dari sortir dan lipat suara yang kembali dilakukan, ditemukan ada 4 lembar suarat suara dalam kondisi rusak dan tak bisa digunakan.

“Dan kami masih menunggu petujuk dari KPU Provinsi. Dimana, 2.000 lembar surat suara yang disiapkan untuk mengantisipasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) juga sudah diterima. Sementara 1.025 lembar kelebihan surat suara Pilbup akan dimusnahkan besok (8/12),”jelasnya

Disisi lain, hingga H-3 menjelang Pilkada. Diketahui, dari hasil pantauan Radar Lebong, masih ada pemilih yang belum menerima undangan memilih. Terkait undangan untuk pemilihan pada 9 Desember 2020 mendatang, Khidhr menjelaskan, jika pihaknya telah merapatkan bersama Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) untuk segera membagikan undangan tersebut kepada masyarakat yang terdata dalam DPT. Panitia Pemungutan Suara (PPS) pun, sambungnya, sudah membagikan undangan tersebut kepada masyarakat sejak hari kamis (3/12).

“Bagi masyarakat yang belum mendapatkan undang segera dilaporkan ke PPS wilayah masing-masing,” imbau Khidhr. (bye)