Beranda Nasional Hari Ini, Nakes di Puskesmas Jalani Vaksin Sinovac

Hari Ini, Nakes di Puskesmas Jalani Vaksin Sinovac

185
Penyerahan vaksin secara simbolis dari Dinkes Lebong ke Puskesmas Limaupit.

LEBONG – Setelah kemarin ( 3/2), unsur FKPD menjalani vaksin sinovac di RSUD Lebong. Hari ini, serentak tenaga kesehatan (nakes) di masing-masing puskesmas mulai menjalani vaksin sinovac.

Seperti pantauan Radar Lebong di Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tes. Dimana, tepatnya, kemarin (3/2), Puskesmas menerima sebanyak 94 vial.

“Penyuntikan vaksin ke para tenaga medis akan dilaksanakan besok (hari ini,red),” kata Kepala Puskesmas Tes Apriani SKM saat dibincangi Radar Lebong ini kemarin.

Apriani juga mengatakan bahwa, dalam penyuntikan Vaksinasi ini perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Karena sebelum peyuntikan harus dilakukan pemeriksaan terhadap 43 tenaga medis ini. Hal ini bertujuan agar diketahui diagnosa penyakit yang diderita para tenaga medis ini.

“Memang persiapan sudah, namun untuk tenaga medis ini perlu dilakukan pemeriksaan. Karena dalam penyuntikan vaksin ada ketentuan, misalkan darah tinggi, berarti tidak boleh diberikan vaksin, karena dapat membahayakan,” jelas Apriani.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pelabuhan Talang Leak, Dahril SKM, mengaku, bahwa dari 37 tenaga medis yang bertugas dalam wilayah kerjanya, 4 nakes tidak bisa disuntik vaksin karena sebelumnya ada tenaga medis yang terpapar covid-19.

“Dari 37 tenaga medis, 4 orang diantaranya tidak bisa disuntik, karena 3 orang pernah terpapar covid-19, dan 1 orang menderita penyakit kencing manis,” kata Dahril

Sehingga, lanjutnya, tenaga medis yang bisa disuntikan vaksin hanya berjumlah 34 orang tenaga medis.

“Yang jelas penyuntikan Vaksin ini, tenaga medis harus di periksa dulu. Sedangkan dalam pelaksanaan penyuntikan Vaksin ini, untuk para tenaga medis kita sudah siap,” ucap Dahril.

Hal yang sama juga terlihat di Puskesmas Kota Baru. Dimana, dijadwalkan jum’at (5/2) , pelaksanaan vaksin akan dilakukan nakes dalam wilayah Puskesmas Kota Baru.

” Untuk vaksin sudah kita ambil, dimana 31 dosis vaksin Sinovac dari pusat penyimpanan vaksin.”ungkap kepala Puskesmas Widiya Astuti Hp SKM

Ia juga mengatakan, pengambilan vaksin hari ini sesuai daftar yang akan divaksin. Dimana, 9 nakes hari ini (besok,red) akan menjalani vaksin.

” Jumlah nakes yang akan menjalani vaksin berjumlah 31orang, dan alhamdulillah dari jumlah tersebut tidak ada penolakan dari mereka, mereka juga siap untuk disuntik vaksin esok hari, “ungkapnya

Menurut Widiya, pengambilan vaksin dilakukan petugas dengan protokol vaksinasi. Vaksin dibawa menuju Puskesmas dengan vaccine carrier box. Setelah sampai langsung disimpan di mesin pendingin di Puskesmas.

“Pengambilan vaksin harus sesuai kebutuhan yang terjadwal,” ungkapnya.

Sementara itu, di Puskesmas Lebong Atas, sebanyak 35 orang nakes akan menjalani vaksin secara bertahap.

” Untuk suntikan vaksin pertama diperuntukkan bagi nakes di puskesmas, kemudian pelayanan publik, PNS dan yang lainnya. Terakhir, vaksin untuk masyarakat,” terang Kepala Puskesmas Lebong Atas Alberto Hutapea SKM.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk penyuntikan vaksin ini bertujuan sebagai imun dari virus Corona dan kekebalan dalam tubuh.

” Dengan dimulainya nakes menjalani vaksin, maka akan bisa menjadi contoh ke masyarakat. Dan jangan takut di vaksin karena vaksin sangat bagus untuk menjaga ketahanan tubuh,” tukasnya.(arp/rak/ae3)