Beranda Nasional Hari Pertama Kerja, 254 ASN Absen

Hari Pertama Kerja, 254 ASN Absen

283
Usai apel gabungan hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, Pemkab Lebong menggelar halal bi halal.

//Pemkab Gelar Halal Bi Halal

LEBONG – Hari pertama masuk kerja bagi pegawai dijajaran Pemkab Lebong, tercatat ada sebanyak 254 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lebong yang bolos kerja alias tanpa keterangan. 254 ASN yang bolos kerja ini diketahui berasal dari 32 OPD dijajaran Pemkab Lebong. Disisi lain, pada hari pertama masuk kerja kemarin (17/5) usai menggelar apel gabungan Bupati Lebong, Kopli Ansori dan FKPD Lebong langsung menggelar halal bi halal.
Kepala Dinas Satpol PP Lebong, Zainal Husni Toha, SH, mengungkapkan berdasarkan absensi finger print yang direkap oleh Dinas Kominfo SP Lebong serta rekap absensi manual yang diterima pihaknya total jumlah ASN di 32 OPD sebanyak 801 orang, sedangkan jumlah ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan pada hari pertama kerja kemarin mencapai sebanyak 254 orang.
“Jumlah yang hadir sebanyak 547 orang. Jumlah 254 orang ini yang tidak masuk kerja tanpa keterangan. Karena, saat melakukan pendataan kita meminta agar didata ASN yang melaksanakan tugas kedinasan. Namun, data ini tidak termasuk pegawai di kantor Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas, Rumah Sakit dan Sekolah, yang kita data hanya OPD dilingkungan Pemkab Lebong saja,” katanya.
Meski demikian, ada yang menarik dalam rekap absensi ASN Pemkab Lebong ini kemarin. Bagaimana tidak, dari absensi pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong yang dikeluarkan Dinas Kominfo SP Lebong, didapati hanya satu ASN yang absen pertanggal 17 Mei 2021.
“Di Dinas Dikbud, hanya 1 ASN yang mengisi absen yakni Kepala Dinas Dikbud secara online melalui ponsel. Tapi dari keterangan pihak kominfo, ASN Dikbud lainnya mengisi absensi dengan finger print, hanya saja mereka ketika absen harus menunggu operator dan mungkin saja hari ini (kemarin, red) operator nya tidak masuk, dan hingga pukul 13.45 pihak Dikbud belum ada yang melaporkan absen ini,” pungkasnya.
Menanggapi hal ini, Sekda Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, memastikan jika laporan ASN yang tidak masuk kerja kemarin bakal disampaikan kepada Bupati. ” Jika banyak yang tidak masuk, akan dilaporkan ke Bupati. Apa tindakan yang akan dilakukan, itu tergantung Bupati,” singkat Sekda.
Sementara itu, usai apel gabungan hari pertama masuk kerja kemarin jajaran Pemkab Lebong dan FKPD langsung menggelar halal bi halal dihalaman Kantor Bupati Lebong. Halal bi halal ini dihadiri langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori, Wakil Bupati, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, Kajari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, MHum, Kodim 0409 Rejang Lebong serta pejabat dijajaran Pemkab Lebong.
“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada ASN khususnya yang harus melaksanakan tugas memberikan pelayanan bagi masyarakat saat lebaran yang lalu. Saya sangat bersyukur tingkat kehadiran pegawai pada apel pertama hari masuk kerja cukup tinggi dan saya berharap kedisiplinan jam kerja ini dapat terus dipertahankan,” kata Bupati Kopli Ansori. (dap)