Beranda Nasional Hibah BNPB Rp 49 M, Masih Diproses di DJPK

Hibah BNPB Rp 49 M, Masih Diproses di DJPK

217
Kepala BPBD Lebong, Fahkrurrozi, S.Sos, M.Si.

LEBONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, hingga saat ini masih menantikan angin segar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, terkait alokasi bantuan dana hibah senilai Rp 49 miliar untuk 9 item pembangunan infrastruktur bencana alam di Kabupaten Lebong.
Kepala BPBD Lebong Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si mengatakan, sesuai hasil koordinasi terakhir dengan BNPB pusat, bahwa saat ini proposal dana hibah senilai Rp 49 miliar dalam pembahasan di Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan jakarta pusat. Bahkan proposal tersebut sudah tuntas dilakukan verifikasi dan diterima oleh pusat. Untum itulah, sampai dengan saat ini pihaknya (BPBD,red) masih menunggu informasi terbaru DJKP Kementerian Keuangan.
“Bukan tidak jadi, sekarang proposal hibah itu masih dalma proses pembahasan di DJPK Kementerian Keuangan. Itupun sesuai dari hasil koordinasi kami terakhir dengan BNPB pusat, ” kata pria yang kerab disapa Rozi kepada Radar Lebong
Ditambahkannya, saat ini perencanaan untuk pembangunan 9 item kegiatan sedang berjalan. Pembangunan infrastruktur penanganan bencana alam itu nantinya akan dibiayai oleh dana hibah sebesar Rp 49 miliar. Di tegaskanya, bantuan dana hibah merupakan bantuan lanjutan dari bantuan usulan dana hibah yang diberikan BNPB RI. Dimana nantinya dana itu akan diperuntukan untuk pembangunan berbagai infrastruktur penanganan bencana alam di Kabupaten Lebong.
“Jadi, bantuan dana hibah yang akan kita terima itu nantinya, akan diperuntukan untuk 9 item titik kegiatan pasca bencana alam dengan total anggaran senilai Rp 49.623.906.000, ” singkatnya.
Diketahui, adapun 9 item kegiatan yang dimaksud itu yakni, rekontruksi jembatan gantung di desa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning, rekontruksi jembatan air blemeu desa Suka Kayo-Suka Datang Kecamatan Pelabai, rekontruksi jembatan air belemu Suka Kayo-Gunung Alam Kecamatan Pelabai, rehabilitasi jembatan Kelurahan Kampung Jawa lingkungan sentral Kecamatan Lebong Utara, rehabilitasi jembatan air uram desa Lemeu-Pal VIII Kecamatan Uram Jaya. Kemudian, rekontruksi bangunan pengaman sungai air kotok Kecamatan Lebong Utara, rekontruksi bangunan pengamanan sungai air kotok Kecamatan Amen, rekontruksi bangunan pengaman sungai air ketahun Kecamatan Bingin Kuning, dan rehabilitasi bangunan pengaman sungai RT. 02, RW. 02 lingkungan bhineka Kecamatan Lebong Utara. (wlk)