Beranda Bito Sadei Hujan Deras, Arus Jalan Tergenang air.

Hujan Deras, Arus Jalan Tergenang air.

156
Beginilah kondisi ruas jalan di desa Suka Bumi yang digenangi air pasca diguyur hujan lebat.

LEBONG SAKTI – Hujan yang mengguyur Kabupaten Lebong pada Selasa (2/2) sore kemarin, ternyata memberikan dampak yang besar bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Lebong Sakti. Bgaimana tidak, akibat hujan deras itu menyebabkan meluapnya air cendam mengakibatkan ruas jalan desa Suka Bumi kembali tergenang air. Akibat meluapnya air ke ruas jalan tersebut sempat menganggu arus lalu lintas.

Darmadi (61), warga desa setempat mengatakan meluapnya air cendam karena hujan lebat, karena kondisi drainase terlalu kecil dan tidak mampu menampung debit bair yang besar sehingga air meluap ke ruas jalan. Menurutnya, meluapnya air ke ruas jalan tersebut juga disebakan karena banyak tumpukan sampah.

“Lokasi ini memang sudah menjadi langganan banjir ketika sedang musim hujan, apalagi drainase yang sempit serta banyaknya tumpukan sampah sangat mudah membuat air meluap ke ruas jalan,” kata Daarmadi saat disambangi Radar Lebong saat membersihkan sampah dilokasi banjir.

Lanjutnya, selain ruas jalan sebagian persawahan warga yang telah ditanam padi juga diterjang air. namun air tersebut saat ini tidak terlalu meluap ke lahan persawahan hal ini lantaran petani sudah membuka pematang untuk mengurangi debit air agar tidak masuk ke area sawah. Maka dari itu, dirinya berharap kepada pemerintah untuk segera turun tangan mengurangi beban masyarakat untuk mengatasi hal ini, mengingat saat ini musim hujan berkepanjangan yang selalu mengguyur Kabupaten Lebong.

“Mudah-mudahan memasuki musim penghujan ini tidak menimbulkan bencana alam. Dan kami berharap pemerintah dapat turun tangan membantu mengurangi persoalan banjir ini, ” tukasnya. (cw2).