Beranda Nasional Ibadah Haji 2021 Tunggu Petunjuk

Ibadah Haji 2021 Tunggu Petunjuk

183
Hj Yuliana

LEBONG – Tampaknya, sebanyak 92 Calon Jemaah Haji (CJH) yang dibatalkan berangkat untuk menunaikan rukun islam yang kelima ketana suci ditahun 2020 lalu, harus kembali bersabar untuk menunggu kepastian resmi terkait jadwal keberangkatan. Pasalnya, hingga saat ini Kementerian Agama (Kemenag) Lebong masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

Kepala Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S. Ag, MH, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Hj. Yuliana, A. Ma.Pd menjelaskan bahwa belum ada petunjuk ataupun surat edaran secara resmi yang diterima oleh pihaknya dari pemerintah pusat. Kendatipun belum ada kepastian keberangkatan, namun saat ini pihaknya telah diminta Kantor Wilayah (Kanwil) Pemprov Bengkulu untuk mengumpulkan pasport cjh yang sebelumnya sudah lunas tahun 1441 H/ 2020 M.

“Sampai hari ini (kemarin,red) belum ada petunjuk resmi dari pemerintah pusat terkait keberangkatan jamaah haji tahun 2021 ini, tapi sekarang kita sudah diminta Kanwil untuk mengumpulkan kembali pasport jamaah haji yang sebelumnya sudah kita kembalikan ke masing-masing cjh, ” kata Yuliana ditemui Radar Lebong pada Rabu, (24/2).

Untuk itu lanjutnya, sesuai dengan intruksi Kanwil, pihaknya menghimbau kepada para cjh yang belum mengembalikan pasport, diharapkan agar dapat segera dikumpulkan kembali ke kantor Kemenag Lebong, karena mengingat pasport tersebut akan diserahkan kepada Kanwil Pemprov Bengkulu.

“Kalau saat ini baru ada sekitar 50 orang CJH yang sudah mengembalikan pasport, artinya masih tersisa sebanyak 42 cjh yang belum menyerahkan. Jadi diharapkan bagi mereka yang belum menyerahkan agar secepatnya diserahkan, karena mengingat pasport tersebut akan diserahkan pada awal Maret 2021 mendatang, ” harapnya.

Sementara itu, bagi para CJH yang tertunda berangkat tahun lalu, agar tidak berkecil hati. Karena sebagai jaminan pemerintah pusat melalui Kemenag akan tetap memprioritaskan keberangkatan cjh ditahun ini. Sambari menunggu petunjuk pusat mengenai jadwal keberangkatan, dihrapkan kepada para CJH agar tetap menjaga kesehatan, dan rutin melakukan pemeriksaan secara rutin ke puskesmas.

“Kami menghimbau sambari menunggu petunjuk pusat, diharapkan agar seluruh cjh dapat terus menjaga kesehatannya dan tetap rutin melakukan pemeriksaan ke puskesmas, ” tukasnya.(wlk)