Beranda Nasional Insentif Nakes Baru Dibayar 2 Bulan

Insentif Nakes Baru Dibayar 2 Bulan

161
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar untuk pembayatan insentif tenaga kesehatan (nakes) selama 14 bulan dalam APBD 2021. Bahkan, dari jumlah itu sebesar Rp 630 juta sudah dicairkan untuk pembayar insentif nakes bulan November dan Desember 2020.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM menjelaskan insentif para nakes untuk bulan November dan Desember 2020 telah dicairkan dan telah ditransfer ke rekening masing-masing nakes yang bertugas menangani kasus dan notifikasi atau orang yang datang dari zona merah daerah pandemi Covid-19, termasuk mendata dan mengawasi orang tersebut dan apabila ada gejala melakukan pemeriksaan baik menggunakan rapid test atau pun swap.
“Insentif bulan November dan Desember sudah kita cairkan dan telah ditransfer ke rekening masing-masing nakes penerima,” katanya.
Lebih jauh, Rachman menerangkan, untuk total anggaran insentif nakes yang sudah dicaitkan sebesar Rp 130 juta yang merupakan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dari APBD tahun anggaran 2021. Sedangkan untuk jumlah nakes yang menerima insentif sebanyak 121 orang nakes yang tersebar di 13 Puskesmas dan RSUD Lebong.
“Kalau untuk nakes yang merima insentif ini sebanyak 121 orang baik dari Puskesmas maupun RSUD Lebong, ” katanya.
Dijelaskannya, besaran insentif yang diterima nakes tersebut nilainya bervariasi karena tergantung dari jumlah kasus yang ditangani. Dlaam penghitungan pembayaran insentif itu juga dilakukan secara khusus berdasarkan rumus dalam merealisasikan isentif, karena tidak semua petugas medis bisa mendapatkan insentif.
“Mereka yang menerima insentif nakes nilainya bervariasi. Karena tergantung dengan jumlah kasus konfirmasi positif ynag ditangani dalam wilayah masing-masing,” jelasnya.
Ditambahkannya, untuk pembayaran insentif bulan Januari hingga Juni 2021 masih dalam proses penghitungan dari setiap Puskesmas dan RSUD. Namun dipastikan insentif nakes akan segera dibayarkan sesuai dengan instruksi Bupati Lebong, Kopli Ansori.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa direalisasikan kembali. Dan kami berharap agar nakes juga tetap menjalani tugasnya dalam mencegah dan mendeteksi penyebaran Covid-19 dalam Kabupaten Lebong,” demikian Rachman. (wlk)