Beranda Nasional Inspektorat Akui Pajak Kendis Kerap Jadi Temuan

Inspektorat Akui Pajak Kendis Kerap Jadi Temuan

169
Ganti Plat Kendis, Oknum Kadis Ngaku Bersalah
Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Candra, SP, MM (foto dok/radarlebong.com)

LEBONG – Kepala Inspektorat Kabupaten Lebong, Jauhari Chandra, SP, MM, mengakui jika pajak kendaraan dinas (kendis) kerap menjadi salah satu temuan pemeriksaan reguler yang dilakukan pihaknya pada OPD dijajaran Pemkab Lebong.
“Pajak kendaraan dinas memang pernah menjadi temuan pemeriksaan yang kita lakukan, tapi temuan ini telah kita minta kepada OPD bersangkutan untuk segera diselesaikan,” ungkapnya.
Terkait dengan banyaknya tunggakan pajak kendis milik Pemkab Lebong, menurutnya, harus dilakukan sosialisasi oleh OPD terkait sehingga kedepan tidak ada lagi kendis yang menunggak pembayaran pajak kendaraan. Apalagi, anggaran pembayaran pajak kendaraan dinas ini sendiri telah dialokasikan setiap tahun dalam anggaran masing-masing OPD.
“Harus dilakukan sosialisasi untuk mengingatkan para pemegang kendis untuk taat membayar pajak kendaraan,” terangnya.
Terpisah, Kabid Pendapatan BKD Lebong, Rudi Hartono, SE, M.Ak, menjelaskan kewenangan penagihan pajak kendaraan dinas ini merupakan tanggung jawab Pemprov Bengkulu melalui unit terkait. Hanya saja, terkait hal ini pihaknya hanya mengimbau OPD agar taat membayar pajak kendis yang digunakan apalagi pajak kendis ini telah dianggarkan pada OPD masing-masing.
“Dari pembayaran pajak kendis ini, kita (Pemkab, red) mendapatkan dana bagi hasil dari Pemprov Bengkulu dan besaran dana bagi hasil. Karena itu, kami berharap agar pemegang kendis ini taat membayar pajak ke unit terkait,” singkatnya. (wlk)