Beranda Nasional Inspektorat Siap Audit BUMDes Kota Baru

Inspektorat Siap Audit BUMDes Kota Baru

280
Ganti Plat Kendis, Oknum Kadis Ngaku Bersalah
Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Candra, SP, MM (foto dok/radarlebong.com)

//Asal Ada Permintaan

LEBONG – Inspektorat Kabupaten Lebong memastikan siap untuk melakukan audit terhadap pengelolaan BUMDes Kota Baru tahun anggaran 2019 yang bergerak pada bidang usaha Delivery Order (DO) pengangukatan batu bara di Kota Bengkulu meski saat ini persoalan tersebut tengah ditangani Kejaksaan Negeri Lebong. Dengan catatan, asal ada permintaan.
“Sampai sejauh ini belum ada laporan penaguduan terkait BUMDes Kota Baru yang disampaikan ke Inspektorat, dan kita juga belum ada koordinasi dengan pihak Kejari mengenai hal itu,” kata Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Chandra, SP, MM.
Ia mengaku jika Inspektorat telah menyiapkan kota pengaduan khusus bagi masyarakat ataupun pihak-pihak terkait yang ingin menyampaikan laporan pengaduan terkait dengan pengelolaan DD. Laporan ini mesti melampirkan data-data pelapor.
“Tahun ini memang kita sudah merencanakan untuk melakukan audit BUMDes yang sudah melakukan penyertaan modal yang bersumber dari Dana Desa (DD). Audit ini akan kita lakukan bersamaan dengan audit reguler DD yang sesuai dengan RAK.Kita siap untuk melakukan audit terhadap pengelolaan dana BUMDes Kota Baru tahun anggaran 2019 jika ada permintaan resmi,” lanjutnya.
Disisi lain, dirinya mengimbau kepada Tenaga Ahli (TA) maupun pendamping baik tingkat Kecamatan ataupun desa untuk memberikan pembinaan lebih awal kepada pemerintah desa. Sehingga jika terjadi masalah di suatu desa bisa diselesaikan secara bertingkat baik ditingkat desa, Kecamatan hingga tingkat OPD.
“Kalau audit khusus BUMDes belum bisa kita laksanakan, terlebih lagi sejauh ini belum ada data BUMDes yang sudah melakukan penyertaan modal. Akan tetapi pada audit reguler DD nantinya bisa sekaligus dilakukan audit BUMDes,” demikian Jauhari Chandra. (wlk)