Beranda Hukum Inspektorat Tegaskan Nihil TGR Tahun 2016

Inspektorat Tegaskan Nihil TGR Tahun 2016

218
Ganti Plat Kendis, Oknum Kadis Ngaku Bersalah
Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Candra, SP, MM (foto dok/radarlebong.com)

//Jauhari: Bukan TGR Tapi Hutang

LEBONG – Penyelidikan dugaan korupsi lantaran belum dikembalikan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atas temuan pemeriksaan BPK RI atas LKPD Lebong tahun anggaran 2016 yang saat ini digeber Kejari Lebong makin menarik disimak. Bagaimana tidak, penyelidikaan yang dilakukan Kejari Lebong lantaran belum dikembalikannya TGR temuan BPK justru bertolak belakang dengan pernyataan Inspektorat Lebong yang menegaskan jika tidak ada TGR tahun 2016.
Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Chandra, SP, MM, menceritakan pada saat proses pemeriksaan BPK RI terhadap LKPD Lebong tahun anggaran 2016 terdapat beberapa catatan (temuan, red) di OPD Pemkab Lebong yang disampaikan oleh BPK RI. Terhadap hal ini, agar temuan pemeriksaan ini tidak masuk dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun anggaran 2016, mantan Kepala BKD Lebong, Wuwun Mirza, SE, MT, meminjam uang untuk menyelesaikan temuan BPK tersebut.
“Jadi dalam hal ini sebenarnya tidak ada TGR lagi atas LHP tahun 2016 karena itu sudah diselesaikan seluruhnya. Yang ada sekarang adalah hutang bukan TGR,” katanya.
Disinggung mengenai penyelidikan dugaan korupsi terhadap 3 OPD yakni Kesbangpol, Dinas Satpol PP dan Sekretariat DPRD Lebong lantaran belum mengembalikan TGR atas temuan BPK tahun anggaran 2016 yang saat ini tengah dilakukan Kejari Lebong, Jauhari menilai jika yang diselesaikan tersebut bukanlah TGR atas temuan BPK RI melainkan hutang pinjaman uang untuk menyelesaikan TGR tahun 2016 agar tidak masuk dalam LHP tahun anggaran 2016.(bersambung)

Baca edisi koran selengkapnya SKH RL 28 Januari 2021