Beranda Hukum Jaksa Bidik Pengangkutan Batu Bara BUMDes Dusun Bupati

Jaksa Bidik Pengangkutan Batu Bara BUMDes Dusun Bupati

333
Imam Hidayat

//Kades Kota Baru Diperiksa Jaksa

LEBONG – Pengelolaan Dana Desa (DD) dalam Kabupaten Lebong memang patut mendapat pengawasan penuh dari aparat penegak hukum agar realisasinya sesuai peruntukan. Diam-diam, Kejari Lebong saat ini ternyata telah memeriksa 4 orang pengurus BUMDes Kota Baru Kecamatan Uram Jaya terkait dengan realisasi dana penyertaan modal BUMDes tahun anggaran 2019 pada usaha Delivery Order (DO) pengangkutan batu bara yang diduga dilakukan di Kota Bengkulu.
Kajari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum melalui Kasi Intel Imam Hidayat, SH, MH, dikonfirmasi Radar Lebong belum lama ini, membenarkan jika pihaknya beberapa waktu telah memanggil 4 orang pengurus BUMDes Kota Baru terkait dengan realisasi dana BUMDes Kota Baru tahun anggaran 2019. 4 Orang saksi yang sudah diperiksa pihaknya ini tak lain adalah Ketua BUMDes, Bendahara serta 2 orang anggota BUMDes.
“Benar, sudah ada 4 orang saksi dari pengurus dan anggota BUMDes yang kita minta keterangan terkait dengan kegiatan BUMDes yakni bisnis pengangkutan batu bara dari Bengkulu ke Pulau Baai. Rencananya, besok (hari ini, red) kami akan memanggil Kades serta 1 orang pengurus BUMDes untuk dimintai keterangan,” kata Imam kepada Radar Lebong.
Pemeriksaan terhadap saksi ini, lanjutnya, dilakukan untuk mendalami biaya operasional bisnis DO pengangkutan batu bara yang menjadi kegiatan BUMDes Kota Baru pada tahun anggaran 2019. Disebutkannya, total dana penyertaan modal BUMDes Kota Baru yang dikucurkan Pemdes Kota Baru tahun anggaran 2019 mencapai sebesar Rp 445 juta.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 5 April 2021