Beranda Nasional Jalan Putus, Truk Dilarang Melintas Bioa Putiak

Jalan Putus, Truk Dilarang Melintas Bioa Putiak

212
Pasca ambruknya jalan penghubung di Desa Bioa Putiak, saat ini truck dilarang melintas di jalan darurat.

LEBONG – Pasca ambruknya jalan penghubung antar kecamatan di Desa Bioa Putiak belum lama ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Bioa Putiak saat ini melarang truk untuk melintas pada jalan darurat yang diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat. Hal ini disampaikan Kades Bioa Putiak, Zulkaidi.
“Untuk sementara waktu, jalan ini tidak bisa dilalui kendaraan jenis truk. Karena kondisi jalan putus tersebut hanya diperbaiki seadanya saja dan tidak memungkinkan untuk dilalui truk dengan muatan berat,” kata Kades.
Dijelaskannya, ambruknya badan jalan saat hujan deras beberapa waktu lalu juga disebabkan akibat gorong-gorong di bawah badan jalan yang sudah mengalami kerusakan (pecah, red). Kondisi ini diperparah dengan banyaknya truk yang melintas sehingga kerusakan ini semakin parah dan menyebabkan badan jalan menjadi amblas.
“Kita sudah memasang papan peringatan larangan truk melintas tak jauh dari lokasi kerusakan jalan ini. Kami khawatir kalau masih dilalui truck, kerusakan jalan ini akan semakin parah,” ujarnya.
Meski jalan ini merupakan kewenangan Pemprov Bengkulu, namun pihaknya berharap Pemkab Lebong dapat segera memperbaiki kerusakan jalan ini. Sehingga, akses lalulintas di Desa Bioa Putiak tidak terganggu akibat putusnya jalan tersebut.
“Jika jalan ini putus total, tentu akan berdampak pada masyarakat. Jalan ini merupakan akses utama bagi warga kami. Mudah-mudahan saja Pemprov maupun Pemkab Lebong dapat segera memperbaiki kerusakan jalan ini,” harapnya. (rak)