Beranda Nasional Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Bakal Dicek

Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Bakal Dicek

243

LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong memastikan bahwa menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah bakal menurunkan tim persiapan pengawasan dan pemeriksaan Hewan Qurban. Tim tersebut akan melibatkan dari Puskeswan yang nantinya bertugas untuk meninjau kesehatan hewan kurban yang ada di Kabupaten Lebong.

“Untuk tim yang kita libatkan tahun ini itu cukup terbatas, yaitu hanya 8 orang. tidak seperti tahun-tahun biasanya yaitu paling tidak sekitar 12-13 orang,” kata Kepala Disperkan Lebong Emi Wati, SE, M,Ak melalui Kabid Peternakan drh Ferdi Ferdian.

Tambah Ferdi, bahwa pemeriksaan ini memang rutin digelar tiap tahunnya, terlebih hewan qurban tersebut memang wajib dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Semua dilakukan demi memastikan hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat, biasanya jelang seminggu sebelum lebaran, Bahkan, bukan hanya lebaran saja, sebelum Bulan Puasa juga kita lakukan pemeriksaan,” terangnya.

Sementara itu, terkait dengan mekanisme pemeriksaan hewan, dirinya mengaku biasanya terdapat beberapa tahapan kesehatan hewan yang dilakukan secara umum. Mulai dari pemeriksaan fisik dalam keadaan sehat, tidak cacat, tidak demam, dan tidak ada kelainan.

“Karena syarat utama hewan kurban harus sehat 100 persen tanpa cacat. Apabila ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan yang buruk, maka kami akan meminta kepada bersangkutan untuk mengganti atau tidak mengurbangkan hewan tersebut,” tuturnya.

Hanya saja, jika keadaan hewan kurban diketahui sehat pada diluar saja, maka dirinya bisa memperkirakan hewan tersebut ada penyakit yang berasal dari dalam tubuh hewan kurban itu sendiri.

“jadi apabila ada cacing hati akan kita rekomendasikan agar hatinya dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarkat nantinya,” tandasnya. (dap)