Beranda Tubei Jelang Ujian Sekolah, Pengunjung Perpustakaan Meningkat

Jelang Ujian Sekolah, Pengunjung Perpustakaan Meningkat

4109
Dok/RL PINJAM: Terlihat murid SD pada saat meminjam buku Perpustakaan.

LEBONG TENGAH – Menjelang Ujian Sekolah (US) Mei mendatang, Perpustakaan Daerah mulai mendapatkan banyak pengunjung dari kalangan pelajar. Bahkan, tercatat, seminggu belakangan sudah ada 14 orang pelajar SD dan 10 orang pelajar SMP.
“Ya, memasuki Ujian Sekolah ini pengunjung kita meningkat. Tentu meski dari kalangan pelajar kita tetap mewanti-wanti agar pelajar mengembalikn buku tepat waktu, atau diperpanjang masa pinjamnya,” terang Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lebong, Yuliana, SSos melalui Kabid Pengelolaan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Riza Susanti, S.Sos.
Lebih jauh Susan-sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa meski pelajar tidak memiliki kartu perpustakaan, pelajar hanya cukup memberikan nama lengkap, alamat rumah serta asal sekolah. Sehingga jika buku pelajar tidak mengembalikan buku dalam batas waktu tertentu. Maka pihaknya akan mudah menagih kepada pelajar.
“Kita sangat antusias kepada pengunjung yang datang, apalagi pengunjungnya pelajar. Untuk itu, peminjaman kita mudahkan. Namun harus juga taat aturan yang berlaku,” cetusnya.
Pihaknya memperkirakan bahwa jumlah pengunjung dapat lebih banyak lagi, terlebih pada waktu memasuki ujian sekolah sudah sampai.
“Kita apresiasi pelajar kita yang masih menggunakan buku sebagai sumber ilmu di tengah banyaknya sumber yang lebih mudah lainnya, seperti internet,” tambahnya.
Bagi pelajar lainnya, Susan mengimbau agar jangan ragu datang berkunjung, fasilitas yang pihaknya siapkan sudah cukup menampung lebih dari 30 pengunjung secara bersamaan. Disamping itu juga, pihakmya juga menyediakan buku yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelajar.
“Lebih banyak pengunjung lebih baik, justru itulah tujuan dari pemerintah membentuk dinas Perpustakaan ini,” demikian Susan. (pry)