Beranda Bito Sadei Jembatan Rusak Berat, Warga Minta Diperbaiki

Jembatan Rusak Berat, Warga Minta Diperbaiki

316
Terlihat jembatan di Desa Mangkurajo mengalami rusak berat.

LEBONG SELATAN – Jembatan yang menghubungkan Desa Mangkurajo ke areal pertanian warga mengalami rusak berat. Bahkan, kondisi jembatan tersebut hanya dibiarkan begitu saja. Warga khawatir, bila tak segera diperbaiki akan membuat jembatan rekontruksi kayu ini menjadi lapuk dan besinya sudah karatan di makan usia. Bahkan, dengan kondisi ini bisa saja menelan korban jiwa bagi yang melintas.

Kepala Desa Mangkurajo, Syaeri mengaku, jembatan itu merupakan salah satu jalan pintas menuju areal pertanian dari desanya. Kini, warga yang bergantung hidup sebagai petani mulai kesulitan membawa hasil pertanian dan perkebunannya melalui jembatan yang rusak tersebut.

“Kondisi ini terjadi sejak 15 tahun lalu dan  terkesan dibiarkan tanpa ada upaya perbaikan dari Pemerintah. Warga pun sudah berulang kali bergotong royong secara swadaya, memperbaiki kerusakan jembatan itu, tak lain agar bisa dilalui,”sampainya.

Namun, upaya itu hanya sebatas menggantikan kayu lapuk dengan kayu baru dan bisa bertahan untuk sementara saja.

“Karena jembatan ini satu-satunya jalan pintas,  maka warga memperbaiki jembatan secara swadaya. Namun itu hanya bertahan sementara saja,  sekaligus mencegah jatuhnya korban. Karena jembatan sudah nyaris putus,” ungkapnya. (arp)