Beranda Nasional Jumlah Pengangguran di Lebong Bertambah

Jumlah Pengangguran di Lebong Bertambah

250
Sriwiyana Teguh Ananto

LEBONG – Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Lebong terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) didapati jika jumlah pengangguran di Kabupaten Lebong meningkat. Diketahui, per Agustus 2020 lalu angka pengangguran di Lebong mencapai sebanyak 2.654 orang sedangkan tahun 2019 silam angka pengangguran ini mencapai 2.506 atau mengalami penambahan sebanyak 58 pengangguran baru.
“Penambahan ini paling banyak berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Hasil ini kita dapatkan dari survei yang dilaksanakan tahun 2020 lalu,” kata Kepala BPS Lebong, Ir. Sriwiyana Teguh Ananto, M.Si.
Dijelaskannya, jumlah TPT Lebong sesuai data hasil survei tahun 2020 ini berdasarkan jejang pendidikan diantaranya tingkat pendidikan SD ke bawah sebanyak 989 orang, selanjutnya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 572 orang, kemudian, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 617 orang dan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 324 orang. Sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma dan Strata 1 hanya sebanyak 62 orang.
“Memang ada peningkatan TPT namun belum mencapai angka 100. Ini masih masuk kategori rendah apalagi tahun 2020 lalu kita dilanda Pandemi Covid-19 sehingga banyak terjadi Pemutusah Hubungan Kerja (PHK) dan berbagai penyebab lainnya,” singkatnya. (cw1)